Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, berencana untuk pergi ke Belanda selama dua pekan untuk memantau perkembangan pemain-pemain keturunan Indonesia yang bermain di sana. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memperkuat skuad Garuda yang akan menghadapi Vietnam di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Shin Tae-yong mengatakan bahwa ia ingin memanfaatkan pemain-pemain yang memiliki darah Indonesia, meskipun mereka bukan pemain asli Indonesia. Ia berharap mereka bisa memberikan kontribusi positif untuk timnas Indonesia, baik di level senior maupun junior.

"Saya berencana untuk segera berangkat ke Belanda dan tinggal selama sekitar dua minggu untuk mencari para pemain keturunan (Indonesia) sekali lagi," ujar Shin Tae-yong, dikutip dari media Korea Selatan, Naver.

"Mereka bukan pemain yang tidak memiliki darah campuran, mereka adalah pemain yang berdarah Indonesia. Kami perlu memanfaatkan pemain-pemain ini," tambahnya.

Shin Tae-yong mengaku bahwa ia sudah memiliki daftar nama-nama pemain keturunan yang menjadi incarannya. Namun, ia tidak mau menyebutkan siapa saja mereka, karena ia ingin melihat langsung kemampuan mereka di lapangan.

"Dari daftar pemain yang menjadi incarannya, Shin Tae-yong menyebut para pemain keturunan masih berusia muda. Tak diungkap siapa saja mereka, tapi disebut jarang mendapatkan kesempatan bermain di klubnya masing-masing," tulis media Indonesia, Detik Sport.

Shin Tae-yong mengakui bahwa mencari pemain keturunan bukanlah pekerjaan mudah, karena sebagian besar dari mereka jarang bermain reguler di klubnya. Ia juga mengatakan bahwa ia masih belum puas dengan sejumlah pemain keturunan yang sudah memperkuat timnas Indonesia sebelumnya.

"Jika Anda mengamatinya, itu tidak mudah. Pemain keturunan jarang bermain untuk timnya," kata Shin Tae-yong.

"Sebaliknya, ia lebih banyak tampil untuk tim nasional. Ini adalah pekerjaan yang cukup sulit bagi kami," ungkapnya.

Saat ini, timnas Indonesia sudah memiliki beberapa pemain keturunan yang berasal dari Belanda, seperti Justin Hubner, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Rafael Struick, Jordi Amat, dan Jay Idzes. Mereka telah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan bermain untuk timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Selain itu, ada juga beberapa pemain yang sedang dalam proses naturalisasi, seperti Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Nathan Tjoe-A-On. Mereka diharapkan bisa segera mendapatkan paspor Indonesia dan bergabung dengan timnas Indonesia.

Shin Tae-yong berharap dengan adanya pemain-pemain keturunan ini, timnas Indonesia bisa menjadi lebih kuat dan kompetitif di level internasional. Ia juga melihat masa depan cerah untuk timnas Indonesia, yang memiliki banyak pemain-pemain muda berbakat.

"Mereka adalah pemain-pemain muda. Saya melihat masa depan cerah untuk timnas Indonesia," ucap Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam dua kali pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pertandingan pertama akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 21 Maret 2024. Pertandingan kedua akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, pada 26 Maret 2024.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini