Persib Bandung harus puas berbagi poin dengan Barito Putera pada pekan ke-23 Liga 1 2023-2024. Tim asuhan Robert Alberts ditahan imbang 1-1 oleh tim tamu di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta, Jumat (23/2/2024) malam WIB.

Persib Bandung sebenarnya tampil dominan sejak menit-menit awal pertandingan. Mereka berhasil unggul lebih dulu melalui gol David da Silva di menit ke-11. Striker asal Brasil itu memanfaatkan umpan panjang dari Marc Klok dan melepaskan tembakan kaki kanan yang tak bisa dijangkau oleh kiper Barito Putera, Ega Rizky.

Persib Bandung nyaris menggandakan keunggulan mereka di beberapa kesempatan, namun gagal memaksimalkan peluang yang didapat. Ciro Alves, Rezaldi Hehanusa, dan David da Silva masing-masing melewatkan kesempatan emas untuk mencetak gol kedua bagi Persib Bandung.

Barito Putera, yang bermain dengan formasi 4-4-2, juga tidak tinggal diam. Mereka mencoba memberikan perlawanan dengan mengandalkan serangan balik dan tendangan jarak jauh. Beberapa kali mereka mengancam gawang Persib Bandung yang dikawal oleh Kevin Ray Mendoza.

Salah satu peluang terbaik Barito Putera terjadi di menit ke-50, ketika Devid de Santana Silva mendapat umpan silang dari Buyung Lessy di sisi kiri. Namun, sontekan Devid masih melambung di atas mistar gawang Persib Bandung.

Persib Bandung mendapat pukulan telak di menit ke-70, ketika bek tengah mereka, Alberto Rodriguez, mendapat kartu merah langsung dari wasit. Rodriguez dianggap melakukan pelanggaran keras terhadap Gustavo Tocantins di dekat kotak penalti.

Keunggulan jumlah pemain membuat Barito Putera semakin berani menekan pertahanan Persib Bandung. Mereka terus mencari celah untuk menyamakan kedudukan. Di menit ke-89, usaha mereka akhirnya membuahkan hasil.

Yuswanto Aditya, yang baru masuk menggantikan Devid de Santana Silva, menjadi pahlawan bagi Barito Putera. Ia berhasil menyundul bola hasil sepak pojok Renan Alves dan mengoyak jala gawang Persib Bandung. Skor pun berubah menjadi 1-1.

Persib Bandung tidak bisa berbuat banyak untuk merespon gol tersebut. Hingga peluit panjang berbunyi, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Kedua tim pun harus puas dengan hasil imbang 1-1.

Hasil ini membuat Persib Bandung tertahan di peringkat ketiga klasemen Liga 1 dengan 42 poin. Mereka tertinggal 13 poin dari pemuncak klasemen, Borneo FC, yang baru akan bermain pada Sabtu (24/2/2024) melawan Persija Jakarta.

Sementara itu, Barito Putera naik ke peringkat ketujuh dengan 34 poin. Mereka unggul dua poin dari Persela Lamongan, yang berada di peringkat kedelapan.

Pertandingan selanjutnya bagi Persib Bandung adalah melawan Persipura Jayapura di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, pada Rabu (28/2/2024). Sedangkan Barito Putera akan menjamu Persiraja Banda Aceh di Stadion Sultan Agung, Bantul, pada hari yang sama.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini