Liverpool akan berhadapan dengan Sparta Praha di babak 16 besar Liga Europa 2023-2024. Ini adalah pertemuan pertama antara kedua tim di kompetisi Eropa. Liverpool merupakan salah satu favorit juara Liga Europa, sedangkan Sparta Praha adalah tim kejutan yang berhasil lolos dari playoff fase gugur.

Liverpool lolos sebagai juara Grup G dengan mengoleksi 16 poin dari enam pertandingan. Mereka hanya kalah sekali dari Atalanta dengan skor 1-2 di laga terakhir. Liverpool memiliki skuad yang berisi bintang-bintang seperti Mohamed Salah, Sadio Mane, Virgil van Dijk, dan Thiago Alcantara. Mereka juga ditangani oleh pelatih berpengalaman, Jurgen Klopp, yang pernah memenangkan Liga Europa bersama Borussia Dortmund pada 2012.

Sparta Praha lolos sebagai runner-up Grup H dengan mengumpulkan 10 poin dari enam pertandingan. Mereka berhasil mengalahkan tim-tim kuat seperti Marseille, Sporting Club, dan Qarabag. Sparta Praha memiliki pemain-pemain muda yang berbakat seperti Adam Hlozek, David Moberg Karlsson, dan Ladislav Krejci. Mereka juga dipimpin oleh pelatih muda, Pavel Vrba, yang pernah membawa Republik Ceko ke Euro 2016.

Laga antara Liverpool dan Sparta Praha akan berlangsung pada 7 Maret 2024 untuk leg pertama dan 14 Maret 2024 untuk leg kedua. Laga leg pertama akan digelar di Stadion Generali Arena, markas Sparta Praha, sedangkan laga leg kedua akan digelar di Stadion Anfield, markas Liverpool. Kedua tim akan berusaha untuk meraih kemenangan dan melaju ke perempat final Liga Europa.

Liverpool memiliki keunggulan dalam hal pengalaman, kualitas, dan reputasi. Mereka juga memiliki rekor bagus melawan tim-tim dari Republik Ceko. Mereka pernah mengalahkan Slavia Praha dengan agregat 5-0 di babak 16 besar Liga Europa 2008-2009 dan Viktoria Plzen dengan agregat 6-3 di fase grup Liga Champions 2013-2014.

Sparta Praha memiliki keunggulan dalam hal motivasi, semangat, dan kejutan. Mereka tidak memiliki beban dan tekanan sebagai tim underdog. Mereka juga memiliki rekor bagus melawan tim-tim dari Inggris. Mereka pernah mengalahkan Chelsea dengan agregat 2-1 di babak 32 besar Liga Europa 2012-2013 dan Southampton dengan agregat 2-1 di fase grup Liga Europa 2016-2017.

Laga antara Liverpool dan Sparta Praha akan menjadi salah satu laga panas di babak 16 besar Liga Europa. Siapakah yang akan keluar sebagai pemenang dan melangkah ke perempat final? Kita tunggu saja hasilnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini