Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, memiliki kriteria khusus dalam melakukan seleksi pemain untuk timnya. Ia mencari pemain-pemain yang memiliki postur tinggi, minimal 175 cm, untuk mengisi posisi-posisi kunci seperti kiper, bek, dan striker. Alasan Nova Arianto mencari pemain jangkung adalah untuk membuat Timnas Indonesia U-16 bisa bersaing di level Asia, bukan hanya di Asia Tenggara saja.

Nova Arianto mengatakan bahwa tinggi badan menjadi hal yang sangat utama jika ingin bermain di level Asia, karena lawan-lawan yang dihadapi memiliki postur yang lebih tinggi dan kuat. Ia mengambil contoh dari pengalamannya di Piala Asia 2023, ketika Indonesia bertemu dengan tim-tim seperti Irak dan Australia yang memiliki pemain-pemain jangkung. Hal tersebut menjadi kendala dalam memberikan perlawanan di lapangan.

"Kriteria yang pasti tinggi badan ya karena sekali lagi kalau saya ingin bermain di level Asia. Tinggi badan menjadi hal yang sangat utama, terutama kalau pemain belakang, kiper, dan striker saya harapkan memiliki postur di atas 175 cm," kata Nova Arianto dikutip dari laman resmi PSSI.

Nova Arianto juga menjelaskan bahwa ia menyiapkan gen tim nasional ke depannya dengan postur yang tinggi. Ia berharap bahwa pemain-pemain yang sekarang berusia 16 tahun akan bertambah tinggi setiap tahunnya, sehingga saat berusia 20 tahun akan memiliki tinggi ideal untuk bermain di level internasional.

"Saya menyiapkan gen tim nasional kedepannya dengan postur yang tinggi. Karena alasannya minimal pemain itu akan naik 1 cm pertahunnya. Ambil contoh, pemain saat ini tingginya 175 cm, dia akan naik sekitar (minimal) 4 cm atau tinggi 179-180 cm saat usianya genap 20 tahun. Karena tinggi pemain di umur 20 itu sudah maksimal. Itulah mengapa saya mencari pemain dengan minimal tinggi 175 cm," ujar Nova Arianto.

Untuk mewujudkan kriterianya, Nova Arianto telah mengumumkan 32 nama pemain yang terpilih untuk mengikuti seleksi gelombang pertama Timnas Indonesia U-16. Seleksi tersebut berlangsung di Lapangan B Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta dari 19 hingga 22 Februari 2024. Dari 32 pemain yang dipanggil, sebagian besar memiliki tinggi di atas 175 cm, terutama di posisi kiper, bek, dan striker.

Beberapa nama yang menarik perhatian adalah M. Fachrul Rizal, kiper yang memiliki tinggi 180 cm, Daffa Aditya, bek yang memiliki tinggi 178 cm, dan Moch. Fadli, striker yang memiliki tinggi 176 cm. Nova Arianto berharap bahwa pemain-pemain ini bisa menunjukkan performa terbaiknya dalam seleksi dan pemusatan latihan, serta bisa menjadi andalan Timnas Indonesia U-16 di masa depan.

Seleksi Timnas Indonesia U-16 ini merupakan bagian dari persiapan tim menyambut gelaran Piala AFF U-16 dan Kualifikasi Piala Asia U-17 yang akan digelar pada tahun 2024. Nova Arianto berambisi untuk membawa Timnas Indonesia U-16 meraih prestasi di kedua ajang tersebut, serta melahirkan pemain-pemain berkualitas untuk Timnas Indonesia senior.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini