Persiraja Banda Aceh harus puas bermain imbang 1-1 dengan PSBS Biak Numfor pada leg pertama semifinal Liga 2 2023/2024, di Stadion Langsa, Aceh, Minggu (25/2/2024). Hasil ini membuat peluang keduanya mengamankan tiket promosi ke Liga 1 masih sama rata.

PSBS Biak unggul lebih dulu melalui gol bomber asal Brasil, Alexsandro Ferreira dos Santos, pada menit ke-51. Gol ini merupakan hasil tendangan keras dari dalam kotak penalti, yang tidak bisa dihalau oleh kiper Persiraja, Rizky Darmawan.

Persiraja baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-60, lewat aksi Al Muzanni. Pemain yang baru masuk menggantikan Andik Vermansyah itu melepaskan tembakan jarak jauh yang bersarang di pojok kanan gawang PSBS, yang dijaga oleh Mariyo Londok.

Persiraja mendapat kesempatan emas untuk memenangkan pertandingan pada masa injury time. Pemain PSBS, Melvis Uaga, melakukan pelanggaran pada Al Muzanni di dalam kotak 16 meter, sehingga wasit menunjuk titik putih.

Namun, Ferdinand Sinaga, yang menjadi algojo, gagal menjalankan tugasnya. Kiper PSBS, Mariyo Londok, bisa menepis bola eksekusi eks pemain Persib Bandung itu. Skor 1-1 pun bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Dengan hasil ini, PSBS Biak memiliki keuntungan saat menjamu Persiraja pada leg kedua semifinal Liga 2, yang akan digelar di Stadion Cendrawasih, Biak, pada Kamis (29/2/2024). Tim asuhan Regi Aditya itu cukup bermain imbang tanpa gol atau menang dengan skor berapapun untuk melaju ke final Liga 2.

Sementara itu, Persiraja harus menang dengan selisih minimal dua gol jika ingin lolos ke final Liga 2. Tim besutan Wandri Manda itu juga bisa lolos jika menang dengan skor 2-1 atau lebih, berdasarkan aturan gol tandang.

Di pertandingan lain, Malut United juga bermain imbang 1-1 dengan Semen Padang pada leg pertama semifinal Liga 2, yang digelar di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Minggu malam. Gol Malut United dicetak oleh Hari Nur Yulianto pada menit ke-88, setelah sebelumnya tertinggal oleh gol Firman Juliansyah pada menit ke-41.

Leg kedua semifinal Liga 2 antara Semen Padang dan Malut United akan berlangsung di Stadion H Agus Salim, Padang, pada Kamis (29/2/2024). Dua tim pemenang semifinal akan bertemu di final Liga 2, sekaligus mendapat tiket promosi ke Liga 1 musim depan. Adapun, dua tim yang kalah di semifinal akan bertarung di laga play-off untuk memperebutkan satu tiket sisa promosi ke Liga 1.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini