Liga Europa musim 2023/2024 telah memasuki babak 16 besar setelah menyelesaikan babak play-off fase gugur pada Jumat, 23 Februari 2024. Dari 32 tim yang bertarung di fase grup, hanya 16 tim yang berhasil melaju ke babak selanjutnya. Di antara tim-tim yang lolos, ada dua raksasa Eropa yang menarik perhatian, yaitu Liverpool dan AC Milan.

Liverpool, juara grup E, berhasil lolos ke 16 besar dengan catatan sempurna. Mereka menang di semua enam pertandingan grup mereka, mencetak 18 gol dan hanya kebobolan dua gol. Liverpool menjadi satu-satunya tim yang meraih 18 poin penuh di fase grup Liga Europa musim ini. Di babak 16 besar, mereka akan berhadapan dengan Sparta Praha, runner-up grup C.

AC Milan, peringkat ketiga grup F Liga Champions, harus melewati babak play-off untuk lolos ke 16 besar Liga Europa. Mereka mengalahkan Rennes, runner-up grup F Liga Europa, dengan agregat 5-3. Di leg pertama, Milan menang 3-0 di San Siro, berkat gol-gol dari Zlatan Ibrahimovic, Brahim Diaz, dan Pierre-Emerick Aubameyang. Di leg kedua, Rennes sempat unggul 3-1, tetapi Milan membalas dengan gol-gol dari Theo Hernandez dan Olivier Giroud. Di babak 16 besar, Milan akan bertemu dengan Braga, peringkat ketiga grup C Liga Champions.

Selain Liverpool dan Milan, ada tim-tim lain yang juga lolos ke 16 besar Liga Europa, baik sebagai juara grup maupun sebagai pemenang play-off. Berikut adalah daftar lengkap tim-tim yang lolos ke 16 besar Liga Europa:

  • Juara grup: West Ham (grup A), Brighton (grup B), Rangers (grup C), Atalanta (grup D), Liverpool (grup E), Villarreal (grup F), Slavia Praha (grup G), Bayer Leverkusen (grup H).
  • Pemenang play-off: AC Milan (vs Rennes), Freiburg (vs Lens), Benfica (vs Toulouse), Qarabag (vs Braga), Sparta Praha (vs Galatasaray), Sporting (vs Young Boys), Marseille (vs Shakhtar Donetsk), AS Roma (vs Feyenoord).

Undian untuk menentukan pasangan babak 16 besar Liga Europa telah dilakukan pada Senin, 26 Februari 2024. Jadwal pertandingan babak 16 besar Liga Europa akan dilaksanakan pada 7 dan 14 Maret 2024. Berikut adalah hasil undian babak 16 besar Liga Europa:

  • Liverpool vs Sparta Praha
  • West Ham vs Sporting
  • Brighton vs Marseille
  • Rangers vs AS Roma
  • Atalanta vs Freiburg
  • Villarreal vs Qarabag
  • Slavia Praha vs Benfica
  • Bayer Leverkusen vs AC Milan

Babak 16 besar Liga Europa akan menjadi ajang pertarungan sengit antara tim-tim terbaik Eropa. Siapa yang akan melaju ke perempat final? Siapa yang akan menjadi juara Liga Europa musim ini? Mari kita nantikan bersama.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini