Cristiano Ronaldo, bintang sepak bola asal Portugal yang kini bermain untuk klub Al Nassr di Liga Arab Saudi, mendapat kritik keras dan ancaman sanksi usai melakukan gestur vulgar ke arah suporter lawan. Kejadian ini terjadi saat Al Nassr mengalahkan Al Shabab dengan skor 3-2 pada Minggu (25/2/2024) di Stadion Al Shabab FC.

Ronaldo, yang mencetak satu gol dari titik penalti dalam pertandingan tersebut, tampak tidak senang dengan cemoohan yang dilontarkan oleh suporter Al Shabab. Beberapa di antaranya bahkan meneriakkan nama Lionel Messi, rival abadi Ronaldo saat masih bermain di Eropa. Ronaldo pun membalas dengan cara yang kontroversial.

Di akhir pertandingan, Ronaldo terlihat melekatkan tangan ke telinga sebelum menggerak-gerakkan tangan di depan kemaluan. Gestur ini dianggap sebagai tindakan tidak senonoh dan menghina yang ditujukan kepada suporter Al Shabab. Gestur ini juga tidak tertangkap oleh kamera televisi, tetapi tersebar luas di media sosial.

Menurut laporan media Arab Saudi, gestur Ronaldo itu melanggar pasal 48 peraturan disiplin Liga Pro Arab Saudi yang mengatur tentang perilaku tidak senonoh di lapangan yang menghina lawan. Komite Disiplin Liga Pro Arab Saudi pun membuka penyelidikan atas insiden ini dan akan mengeluarkan keputusan dalam dua hari ke depan.

Ronaldo terancam mendapat hukuman larangan bermain dalam dua pertandingan selanjutnya. Jika hal itu terjadi, Ronaldo akan absen saat Al Nassr menghadapi Al Ahli dan Al Ittihad. Ini tentu akan menjadi pukulan bagi Al Nassr yang sedang berjuang untuk mempertahankan gelar juara Liga Arab Saudi.

Ronaldo sendiri belum memberikan komentar apapun terkait gestur yang dilakukannya. Namun, banyak yang menilai bahwa Ronaldo telah menunjukkan sikap tidak profesional dan tidak sportif. Ronaldo juga dianggap telah merusak citra sepak bola Arab Saudi yang sedang berkembang.

Ronaldo bergabung dengan Al Nassr pada Januari 2024 dengan nilai transfer sebesar 50 juta euro. Ronaldo menjadi pemain termahal yang pernah dibeli oleh klub Arab Saudi. Ronaldo juga menjadi pemain dengan gaji tertinggi di Liga Arab Saudi dengan 30 juta euro per tahun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini