Rennes berhasil mengalahkan AC Milan dengan skor 3-2 dalam laga leg kedua playoff fase gugur Liga Europa 2023-2024 yang digelar di Stadion Roazhon, Jumat (23/2/2024) dini hari WIB. Namun, kemenangan itu tidak cukup untuk membawa tim tuan rumah melaju ke babak 16 besar, karena Milan tetap unggul agregat 5-3.

Rennes yang tertinggal 0-3 dari leg pertama di San Siro tampil menyerang sejak awal pertandingan. Mereka berhasil membuka keunggulan pada menit ke-11 melalui gol spektakuler Benjamin Bourigeaud. Gelandang asal Prancis itu melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang tak bisa dijangkau oleh kiper Milan, Mike Maignan.

Milan yang bermain dengan sejumlah pemain cadangan tidak tinggal diam. Mereka bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-22 berkat gol sundulan Luka Jovic. Penyerang asal Serbia itu memanfaatkan umpan silang Theo Hernandez dari sisi kiri pertahanan Rennes.

Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama usai. Di babak kedua, Rennes kembali mendapat peluang emas untuk unggul. Mereka mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-54 setelah Martin Terrier dilanggar oleh Simon Kjaer di dalam kotak terlarang. Bourigeaud yang menjadi algojo tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Ia menaklukkan Maignan untuk kedua kalinya dengan sepakan ke pojok kanan bawah gawang.

Namun, Milan kembali bisa menyamakan kedudukan hanya dalam waktu empat menit. Rafael Leao yang masuk menggantikan Ante Rebic menunjukkan kualitasnya dengan mencetak gol indah. Ia melewati beberapa pemain Rennes sebelum mengecoh Steve Mandanda dan menyarangkan bola ke gawang tuan rumah.

Rennes yang masih membutuhkan tiga gol lagi untuk lolos tidak menyerah. Mereka kembali mendapat penalti kedua pada menit ke-68 setelah wasit meninjau VAR dan menilai bahwa bola tendangan bebas Rennes mengenai tangan Jovic di dalam kotak penalti. Bourigeaud kembali menjadi algojo dan kembali sukses menjebol gawang Milan. Ia mencatatkan hat-trick dengan sepakan penalti ke pojok kiri atas gawang.

Rennes terus menekan Milan pada sisa waktu yang ada. Namun, barisan pertahanan Milan yang dipimpin oleh Alessio Romagnoli berhasil bertahan. Tidak ada gol tambahan yang tercipta hingga wasit meniup peluit panjang. Rennes menang 3-2, tetapi Milan yang lolos ke babak 16 besar Liga Europa dengan keunggulan agregat 5-3.

Susunan Pemain:

Rennes (4-3-3): Mandanda; Doue, Omari, Theate, Truffert; Santamaria, Bourigeaud, Doue; Gouiri, Kalimuendo, Terrier.

Milan (4-2-3-1): Maignan; Calabria, Kjaer, Romagnoli, Hernandez; Tonali, Kessie; Saelemaekers, Diaz, Rebic; Jovic.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini