Dong Fangzhuo adalah nama yang mungkin sudah lama tidak terdengar di dunia sepak bola. Dia adalah pemain China pertama dan satu-satunya yang pernah bermain untuk Manchester United (MU), salah satu klub terbesar di dunia. Namun, karier Dong di Old Trafford tidak berjalan mulus. Dia hanya tampil tiga kali untuk tim utama MU sebelum akhirnya dilepas pada tahun 2008. Lalu, apa yang terjadi dengan Dong setelah itu?

Dong lahir pada tahun 1985 di Dalian, China. Dia mulai menunjukkan bakatnya sebagai penyerang muda di klub lokal DL Shide. Pada tahun 2004, dia menarik perhatian MU yang saat itu dilatih oleh Sir Alex Ferguson. MU membeli Dong dengan harga sekitar 3,5 juta poundsterling dan mengirimnya ke klub Belgia, Royal Antwerp, untuk menjalani masa pinjaman selama tiga tahun. Di sana, Dong mencetak 34 gol dari 59 pertandingan di semua kompetisi.

Pada tahun 2007, Dong akhirnya mendapatkan izin kerja untuk bermain di Inggris dan bergabung kembali dengan MU. Dia diberi nomor punggung 21 dan diharapkan bisa menjadi bintang baru di lini depan MU yang saat itu diperkuat oleh Wayne Rooney, Cristiano Ronaldo, Carlos Tevez, dan Louis Saha. Namun, Dong tidak mampu bersaing dengan para pemain top tersebut. Dia hanya bermain sekali di Liga Inggris, sekali di Piala Liga Inggris, dan sekali di Liga Champions. Dia tidak pernah mencetak gol untuk MU.

Dong juga sering mengalami cedera yang menghambat perkembangannya. Pada tahun 2008, MU memutuskan untuk melepas Dong dengan status bebas transfer. Dia kembali ke klub asalnya, DL Shide, dan mencoba menghidupkan kembali karier sepak bolanya. Namun, dia tidak bisa menemukan performa terbaiknya. Dia sempat bermain untuk beberapa klub di Eropa, seperti Legia Warszawa, Portimonense, dan MIKA Ashtarak, tetapi tidak ada yang berkesan. Pada tahun 2016, Dong mengumumkan pensiun dari sepak bola di usia yang masih sangat muda, yaitu 31 tahun.

Setelah pensiun, Dong membuka akademi sepak bola di Xiamen, China, yang bernama Dong Fangzhuo Football Club. Dia juga bekerja sebagai komentator sepak bola di beberapa media. Pada November 2023, Dong kembali ke Old Trafford untuk menyaksikan pertandingan MU melawan Luton. Dia mendapat sambutan hangat dari para mantan rekan setimnya, seperti Wes Brown. Dong tampak senang bisa kembali ke stadion yang pernah menjadi rumahnya.

Namun, ada sesuatu yang berbeda dari wajah Dong. Dia terlihat lebih tampan dan lebih muda dari sebelumnya. Ternyata, Dong telah melakukan operasi plastik untuk mengubah penampilannya. Menurut laporan dari beberapa media, Dong melakukan operasi plastik karena merasa malu dengan karier sepak bolanya yang gagal. Dia ingin menyembunyikan aibnya dengan membuat dirinya tidak dikenali oleh publik.

Operasi plastik Dong menuai berbagai reaksi dari para penggemar sepak bola. Ada yang menganggapnya sebagai tindakan nekat dan tidak percaya diri. Ada juga yang bersimpati dan menghormati keputusannya. Namun, yang pasti, Dong telah menjadi salah satu pemain yang memiliki kisah unik dan mengharukan di dunia sepak bola.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini