Prabowo Subianto dikenal sebagai salah satu tokoh politik terkemuka di Indonesia. Dia pernah menjadi calon presiden pada pemilu 2024 dan saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan di kabinet Jokowi-Ma’ruf. Namun, selain berkecimpung di dunia politik, Prabowo juga memiliki ketertarikan dan kontribusi besar di bidang sepakbola.

Prabowo tidak hanya sekadar menyukai sepakbola, tetapi juga aktif terlibat dalam berbagai kegiatan yang mendukung perkembangan sepakbola Indonesia. Dia memiliki visi untuk membangun sepakbola Indonesia dari bawah, dengan menggelar turnamen-turnamen di akar rumput, mendirikan akademi sepakbola berkelas, dan bahkan berencana membuat klub sepakbola sendiri.

Turnamen Sepakbola di Akar Rumput

Salah satu bentuk perhatian Prabowo terhadap sepakbola Indonesia adalah dengan mendukung penyelenggaraan turnamen sepakbola di akar rumput. Lewat kelompok relawannya, Prabowo terlibat dalam Liga Bola Rakyat (LIBRA) yang digagas Aji Jaya Bintara pada 2023. Konsepsi LIBRA lahir dari pengejewantahan visi kerakyatan Prabowo Subianto dalam membangun sepakbola Indonesia.

"Kalau kita pandai menterjemahkan Pak Prabowo, dia senang sekali penataan olahraga berjenjang dari bawah," kata politikus Fahri Hamzah dalam podcast BebAS milik Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga. "Di seluruh Indonesia, ini infrastrukturnya sudah ada, tinggal perbaiki, dan mengaktifkan kompetisi-kompetisi apapun," sambungnya.

Selain LIBRA, Prabowo juga menggelar Nusantara Open pada 2022 dan 2023. Ajang ini melibatkan peserta dari akademi dan Elit Pro. Para juara di ajang Nusantara Open kemudian dikirim ke Qatar untuk berlatih di Aspire Academy. Hal ini merupakan bagian dari keseriusan Prabowo selaku Ketua Umum Akademi Sepakbola Garudayaksa untuk mencari bibit.

Akademi Sepakbola Garudayaksa

Akademi Sepakbola Garudayaksa adalah salah satu proyek besar Prabowo di bidang sepakbola. Akademi ini didirikan Prabowo pada 2022 dan berlokasi di Setu, Bekasi. Akademi ini memiliki fasilitas lengkap, seperti lapangan rumput sintetis, lapangan rumput alami, ruang kelas, asrama, dan kantin.

Akademi ini juga sudah menjalin kerja sama dengan Aspire Academy Qatar, salah satu akademi sepakbola terbaik di dunia. Kerja sama ini bertujuan untuk mengembangkan akademi sepakbola berkelas di Indonesia, dengan mengirimkan para pemain terbaik Garudayaksa ke Qatar untuk mendapatkan pelatihan intensif.

"Saya sangat mengapresiasi bagaimana akademi sepakbola Garudayaksa ini dibangun dengan totalitas. Ini saya rasa salah satu akademi terbaik yang ada di Indonesia," kata Menpora Dito Ariotedjo pada Desember 2023 seperti tertulis dalam situs resmi Kemenpora. "Inilah bukti jika semua stakeholders olahraga bersatu padu dan berjalan bersama demi kemajuan dari sisi pemerintahnya, PSSI-nya, dan juga private sector (Akademi Sepakbola Garudayaksa)," sambungnya.

Klub Sepakbola Nusantara United

Prabowo Subianto tidak berhenti sampai di situ. Dia juga memiliki rencana untuk mendirikan klub sepakbola sendiri, yang dinamai Nusantara United. Rencana ini diungkapkan Prabowo saat memberikan orasi ilmiah dalam acara Wisuda Universitas Pancasila di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, pada Juni 2022.

Prabowo mengatakan bahwa dia ingin membuat klub sepakbola yang mewakili seluruh Indonesia, dengan merekrut pemain dari berbagai daerah. Dia juga berharap klub ini bisa menjadi wadah bagi para lulusan akademi sepakbola Garudayaksa untuk berkarier di level yang lebih tinggi.

"Setelah saya pensiun, saya ingin mendirikan klub sepakbola, namanya Nusantara United. Klub ini akan merekrut pemain dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Saya ingin klub ini menjadi klub yang bisa bersaing di Asia dan dunia," kata Prabowo.

Prabowo Subianto menunjukkan bahwa dia bukan hanya politikus, tetapi juga seorang pecinta sepakbola yang peduli dengan perkembangan sepakbola Indonesia. Dengan berbagai inisiatif dan kontribusinya, Prabowo berharap bisa membawa sepakbola Indonesia ke level yang lebih baik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini