Xabi Alonso menjadi salah satu kandidat kuat untuk menggantikan Jurgen Klopp sebagai manajer Liverpool di akhir musim ini. Mantan gelandang asal Spanyol itu saat ini sedang menukangi Bayer Leverkusen di Bundesliga dan belum terkalahkan sejak menjabat. Namun, apa kata Pep Guardiola, pelatih Manchester City, tentang rumor tersebut?

Guardiola mengaku bingung ketika ditanya soal kemungkinan Alonso melatih Liverpool. Ia mengatakan bahwa itu adalah pertanyaan untuk Liverpool, bukan untuk dirinya. Ia juga mengaku tidak tahu apa yang ada di pikiran Liverpool terkait masa depan Klopp.

"Itu pertanyaan buat Liverpool, tentu saja saya nggak punya jawabannya," ujar Guardiola dilansir dari Mirror. "Saya tidak tahu ide apa yang mereka (Liverpool-red) miliki," tambahnya.

Meski begitu, Guardiola tidak ragu untuk memuji Alonso sebagai pelatih yang cerdas dan berbakat. Ia mengatakan bahwa ia beruntung pernah bekerja sama dengan Alonso ketika masih di Bayern Munich. Ia juga mengakui bahwa Leverkusen sedang dalam performa yang bagus di bawah asuhan Alonso.

"Sekarang Leverkusen dalam posisi memenangi Bundesliga. Justru sekarang mereka sedang dalam periode krusial, karena liganya belum selesai," kata Guardiola. "Tapi, wow… bukan hanya cara mereka bermain tapi juga mereka belum terkalahkan. Jadi saya beruntung pernah bersama dengannya (Alonso) dan dia adalah pemain yang cerdas, sangat cerdas," tutupnya.

Alonso sendiri pernah bermain untuk Liverpool dari tahun 2004 hingga 2009. Ia menjadi salah satu pemain kunci dalam kesuksesan Liverpool menjuarai Liga Champions pada tahun 2005. Ia juga pernah merasakan gelar Piala FA, Piala Super Eropa, dan Community Shield bersama The Reds.

Namun, Alonso juga pernah mengalami masa-masa sulit di Liverpool. Ia sempat berseteru dengan Rafael Benitez, pelatih yang membawanya ke Anfield. Ia juga pernah gagal mengeksekusi penalti yang membuat Liverpool tersingkir dari Liga Champions oleh Chelsea pada tahun 2007.

Alonso akhirnya hengkang dari Liverpool pada tahun 2009 dan bergabung dengan Real Madrid. Ia kemudian melanjutkan karirnya di Bayern Munich sebelum pensiun pada tahun 2017. Ia memulai karir kepelatihannya dengan melatih tim muda Real Sociedad, sebelum pindah ke Leverkusen pada tahun 2023.

Apakah Alonso cocok untuk melatih Liverpool? Apakah ia bisa mengembalikan kejayaan klub yang pernah ia bela? Atau apakah ia akan mengalami kesulitan untuk menghadapi tantangan di Premier League? Hanya waktu yang bisa menjawab.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini