Yakob Sayuri, pemain sayap Timnas Indonesia, berhasil meraih gelar assist terbaik Piala Asia 2023 yang diselenggarakan di Qatar. Gelar tersebut diberikan berdasarkan hasil voting dari para penggemar sepak bola di media sosial resmi AFC.

Yakob Sayuri mengalahkan lima pemain lain yang juga mencatatkan assist-assist spektakuler di turnamen tersebut. Mereka adalah Ali Saleh (Uni Emirat Arab), Sardar Azmoun (Iran), Ritsu Doan (Jepang), Seol Yong-woo (Korea Selatan), dan Akram Afif (Qatar).

Assist terbaik Yakob Sayuri terjadi pada laga perdana Indonesia melawan Irak di Grup D. Pada menit ke-37, Yakob Sayuri melakukan dribel melewati kaki Ali Adnan, lalu mengirimkan umpan silang mendatar ke tiang jauh. Di sana, Marselino Ferdinan menyambut bola dengan sepakan jarak dekat yang mengoyak jala gawang Irak.

Gol tersebut membuat Indonesia menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Namun, Irak mampu menambah dua gol lagi dan menang dengan skor 3-1. Meski kalah, Indonesia tetap berprestasi dengan lolos ke babak 16 besar untuk pertama kalinya dalam sejarah Piala Asia. Sayangnya, di babak tersebut, Indonesia takluk 0-4 dari Australia.

Yakob Sayuri merupakan salah satu pemain andalan Timnas Indonesia di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong. Pemain berusia 26 tahun ini bermain di posisi sayap kiri, namun juga bisa beradaptasi di posisi lain. Yakob Sayuri bermain untuk klub PSM Makassar di Liga Indonesia.

Penghargaan assist terbaik Piala Asia 2023 menjadi bukti kualitas dan kreativitas Yakob Sayuri sebagai pemain sayap. Yakob Sayuri juga mendapat pujian dari berbagai pihak, termasuk pelatih PSM Makassar, Robert Alberts, yang mengatakan bahwa Yakob Sayuri adalah pemain multifungsi.

Dengan gelar assist terbaik Piala Asia 2023, Yakob Sayuri menambah daftar prestasinya sebagai pemain sepak bola. Yakob Sayuri juga pernah menjadi pemain terbaik Liga Indonesia pada tahun 2022, dan menjadi pencetak gol terbanyak Piala AFF 2021 dengan 6 gol.

Yakob Sayuri diharapkan bisa terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi Timnas Indonesia di masa depan. Yakob Sayuri juga berpeluang untuk berkarier di luar negeri, mengingat bakat dan potensinya yang luar biasa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini