Athletic Bilbao berhasil melaju ke final Copa del Rey setelah mengalahkan Atletico Madrid dengan skor telak 3-0 di leg kedua semifinal yang digelar di Stadion San Mames, Jumat (1/3/2024) malam WIB. Kemenangan ini juga berkat penampilan gemilang dari Williams bersaudara, Nico dan Inaki, yang mencetak gol dan saling memberi assist.

Bilbao yang sudah unggul agregat 1-0 dari leg pertama tidak memberi kesempatan bagi tim tamu untuk bangkit. Mereka langsung tampil menekan sejak menit awal dan mendapat hasilnya pada menit ke-13. Nico Williams memberikan umpan matang kepada kakaknya, Inaki Williams, yang melepaskan tendangan keras dari dalam kotak penalti. Bola meluncur deras ke pojok kanan gawang Jan Oblak yang tak berdaya.

Atletico yang butuh mencetak dua gol untuk membalikkan keadaan berusaha meningkatkan intensitas serangan. Namun, mereka kesulitan menembus pertahanan rapat Bilbao yang dipimpin oleh Yeray Alvarez. Selain itu, kiper tuan rumah, Julen Agirrezabala, juga tampil cemerlang dengan melakukan beberapa penyelamatan penting.

Bilbao semakin memperlebar jarak pada menit ke-42. Kali ini, Inaki Williams menjadi pemberi umpan kepada adiknya, Nico Williams, yang berlari kencang di sisi kanan. Nico melewati bek Atletico, Mario Hermoso, sebelum menaklukkan Oblak dengan tembakan mendatar. Skor 2-0 untuk keunggulan Bilbao bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, pelatih Atletico, Diego Simeone, melakukan perubahan dengan memasukkan Memphis Depay menggantikan Angel Correa. Namun, hal itu tidak banyak membantu tim tamu yang tetap kesulitan menciptakan peluang berbahaya. Bilbao malah menambah satu gol lagi pada menit ke-61 melalui Gorka Guruzeta yang memanfaatkan bola rebound dari sepakan Oihan Sancet.

Hingga laga usai, tidak ada gol tambahan tercipta. Bilbao pun memastikan diri lolos ke final Copa del Rey dengan agregat 4-0 atas Atletico. Ini merupakan keberhasilan ketiga kalinya Bilbao melangkah ke partai puncak dalam lima tahun terakhir. Sebelumnya, mereka dua kali kalah dari Real Sociedad dan Barcelona pada final 2020 dan 2021.

Di final yang akan digelar pada 6 April di Sevilla, Bilbao akan berhadapan dengan Real Mallorca yang menyingkirkan Real Sociedad lewat adu penalti. Bilbao berpeluang meraih gelar Copa del Rey ke-24 mereka, yang terakhir kali diraih pada 1984. Sementara itu, Atletico harus menelan kekecewaan karena gagal meraih trofi Copa del Rey sejak 2013.

Williams bersaudara menjadi bintang kemenangan Bilbao dengan peran besar mereka dalam tiga gol yang dicetak. Kecepatan, ketajaman, dan kerjasama mereka membuat lini belakang Atletico kewalahan. Nico dan Inaki mengaku sangat senang dan bangga bisa membawa timnya ke final. Mereka juga mengucapkan terima kasih kepada orangtua mereka yang berasal dari Ghana.

"Ini malam yang luar biasa bagi kami. Kami berjuang keras untuk bisa sampai ke titik ini. Ini malam yang patut dirayakan dan dibanggakan," kata Inaki Williams seperti dikutip dari AP.

"Saya sangat bahagia bisa mencetak gol dan memberi assist kepada kakak saya. Kami akan berpesta bersama malam ini. Kemenangan ini untuk orangtua kami di Ghana. Ghana akan berpesta," tambah Nico Williams.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini