Sepak bola Indonesia kembali mendapatkan angin segar dengan berdirinya Akademi Gemilang FU15, sebuah akademi sepak bola yang berlokasi di Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang. Akademi ini diresmikan pada Kamis, 29 Februari 2024, dengan dihadiri oleh sejumlah legenda sepak bola Indonesia, seperti Firman Utina, Budi Sudarsono, Atep, Eka Ramdani, Markus Horison, dan lain-lain.

Akademi Gemilang FU15 merupakan hasil kerjasama antara Firman Utina, mantan kapten Timnas Indonesia, dengan Nursyamsu, owner akademi tersebut. Keduanya memiliki visi untuk mengembangkan sepak bola usia dini di Indonesia, sesuai dengan Inpres Nomor 3 Tahun 2019 tentang percepatan pembangunan persepakbolaan nasional.

"Akademi Gemilang FU15 ini lebih konsentrasi pada pengembangan pemain muda untuk usia 8 sampai 12 tahun," ujar Nursyamsu.

Firman Utina menambahkan bahwa akademi ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi pemain muda potensial yang ada di Tangerang Raya dan sekitarnya, bahkan se-Indonesia. Ia juga mengapresiasi dukungan dari Sekda Kabupaten Tangerang, Maesyal Rasyid, yang merupakan pembina akademi tersebut.

"Akademi Gemilang FU15 yang ada di Kabupaten Tangerang ini, atas dukungan juga dari Pak Sekda yang sudah kami anggap senior di lingkungan sepak bola dan yang membimbing kami sejak di junior. Beliau antusias kami membentuk akademi di Kabupaten Tangerang karena banyak pemain muda potensial yang perlu wadah supaya sepak bola Indonesia semakin baik ke depannya," jelas Firman Utina.

Dalam peresmian akademi ini, ada beberapa kegiatan yang dilakukan, seperti coaching clinic untuk anak-anak usia dini, laga eksebisi antara Tim Elite Pro Academy (EPA) U-16 melawan FU15FA class of 2008, dan pertandingan persahabatan antara Timnas Legends melawan Persita Oldstars.

Coaching clinic diisi oleh para legenda sepak bola Indonesia, seperti Markus Horison, Eka Ramdani, Pery Sandria, Enjang Rohiman, dan Rully Nere, yang memberikan pengarahan bermain bola kepada anak-anak. Sementara itu, pertandingan persahabatan menjadi ajang nostalgia bagi para pemain senior, yang masih menunjukkan kelasnya di lapangan.

Akademi Gemilang FU15 diharapkan bisa menjadi salah satu pilar penting dalam pembinaan sepak bola Indonesia, khususnya di usia dini. Dengan adanya akademi ini, diharapkan bisa melahirkan pemain-pemain berkualitas yang kelak bisa membela Timnas Indonesia dan mengharumkan nama bangsa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini