Xabi Alonso, mantan gelandang Liverpool yang kini menjadi pelatih Bayer Leverkusen, dikabarkan menjadi kandidat utama untuk menggantikan Juergen Klopp di Anfield musim depan. Klopp sendiri memutuskan untuk mengundurkan diri lebih cepat dari kontraknya yang seharusnya berakhir pada 2026.

Alonso menarik perhatian banyak pihak dengan prestasinya bersama Leverkusen, yang saat ini memimpin klasemen Bundesliga dengan keunggulan delapan poin atas Bayern Munich. Leverkusen juga masih berpeluang meraih treble, karena masih bertahan di DFB-Pokal dan Liga Europa. Selain itu, Alonso juga masih disayang oleh fans Liverpool, yang mengingat jasanya saat membantu klub meraih Liga Champions pada 2005.

Namun, mantan pelatih Liverpool, Rafael Benitez, mengingatkan manajemen klub untuk tidak terburu-buru dalam menentukan pengganti Klopp. Benitez mengatakan bahwa Alonso memang memiliki nama besar, profesionalisme, dan karier yang bagus, tetapi belum tentu bisa meniru kesuksesan Klopp di Liverpool.

"Media sosial membuat segalanya berjalan cepat, sehingga orang-orang tidak melihat gambaran besarnya," kata Benitez, seperti dikutip dari detikSport. Benitez mencontohkan kasus Steven Gerrard, yang sukses bersama Rangers, tetapi gagal di Aston Villa dan kini kesulitan di Al Ettifaq.

Benitez menyarankan Liverpool untuk lebih teliti dan selektif dalam mencari pelatih baru, karena Liverpool adalah klub besar yang memiliki standar tinggi. Selain Alonso, ada beberapa nama lain yang juga masuk dalam bursa calon pengganti Klopp, seperti Ruben Amorim, Roberto De Zerbi, dan Julian Nagelsmann.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini