Presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis, mengecam Juventus yang berpotensi tampil di Piala Dunia Antarklub 2025. Menurutnya, Juventus tidak berhak ikut serta karena telah dihukum oleh UEFA dan gagal lolos ke Liga Champions musim ini.

Piala Dunia Antarklub adalah kompetisi yang mempertemukan juara-juara dari berbagai konfederasi sepak bola di dunia. Mulai tahun 2025, formatnya akan berubah menjadi 32 tim peserta yang bertanding selama sebulan penuh.

Italia mendapatkan jatah dua tim yang tampil di Piala Dunia Antarklub. Satu tiket sudah dipastikan milik Inter Milan yang menjadi juara Serie A musim ini. Tiket lainnya masih bersaing antara Juventus, Lazio, dan Napoli.

Juventus saat ini berada di posisi ketiga klasemen UEFA dengan 95 poin, unggul satu poin dari Lazio dan dua poin dari Napoli. Namun, Juventus tidak akan bermain di Liga Champions musim depan karena terlibat dalam rencana pembentukan Liga Super Eropa.

De Laurentiis menganggap hal ini sebagai alasan kuat untuk menolak keikutsertaan Juventus di Piala Dunia Antarklub. Ia berpendapat bahwa Napoli lebih pantas mendapatkan tiket tersebut jika bisa melaju ke semifinal Liga Champions musim ini.

"Saya ikut kasihan kepada Juventus yang dihukum dan tersingkir dari kejuaraan musim ini. Jika kami mengalahkan Barcelona dan kemudian meraih hasil imbang dan menang, kami berhak lolos," kata De Laurentiis yang dikutip dari Football Italia.

"Tetapi saya juga berpikir bahwa Napoli harus pergi, justru karena Juventus dihukum oleh UEFA dengan tersingkir dari Piala Eropa. Mereka bahkan tidak boleh mengikuti Piala Dunia Antarklub, tanpa mengurangi fakta bahwa ajang ini akan menimbulkan seribu masalah untuk kompetisi di nasional berikutnya," De Laurentiis menegaskan.

De Laurentiis juga menyoroti dampak negatif dari Piala Dunia Antarklub terhadap jadwal dan kesehatan para pemain. Ia mengkhawatirkan bahwa pemain-pemainnya akan kelelahan dan cedera jika harus bermain di banyak turnamen.

"Piala Dunia Antarklub akan mengganggu semua kompetisi, baik di tingkat klub maupun tim nasional. Kami akan kehilangan pemain-pemain terbaik kami selama sebulan, dan mereka akan kembali dengan kondisi yang buruk. Ini tidak adil dan tidak sehat," ujar De Laurentiis.

De Laurentiis menambahkan bahwa ia tidak akan mengirimkan pemain-pemainnya ke Piala Dunia Antarklub jika Napoli lolos. Ia mengaku lebih memilih untuk fokus pada liga domestik dan kompetisi Eropa.

"Saya tidak akan membiarkan pemain-pemain saya pergi ke Piala Dunia Antarklub. Saya akan meminta mereka untuk tetap bersama kami dan bermain di Serie A dan Liga Champions. Itu lebih penting dan lebih bergengsi daripada Piala Dunia Antarklub," tegas De Laurentiis.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini