Manchester City akan menghadapi rival sekotanya, Manchester United, di Etihad Stadium, Minggu (3/3/2024) malam WIB, dalam lanjutan Liga Inggris. Laga ini menjadi awal rangkaian Maret yang menantang bagi The Citizens, yang juga harus berhadapan dengan Liverpool, Arsenal, Copenhagen, dan Newcastle United di berbagai kompetisi. Man City saat ini memimpin klasemen Liga Inggris dengan keunggulan 10 poin atas MU, yang berada di posisi kedua. Pasukan Pep Guardiola juga sedang dalam tren tak terkalahkan di 18 laga terakhir dengan 16 kemenangan dan hanya dua kali imbang. Namun, Guardiola tidak mau timnya lengah atau terbawa emosi jelang derby Manchester. Ia mengingatkan para pemainnya untuk bersikap lebih tenang dan relaks, serta fokus pada taktik yang telah disiapkan. Ia tidak mau rencananya kacau gara-gara faktor-faktor di luar lapangan, seperti gengsi, rivalitas, atau tekanan.

"Dari yang saya pelajari berdasarkan pengalaman di laga-laga semacam ini adalah untuk bersikap lebih tenang dan relaks. Jangan terlalu banyak bicara, fokus saja ke taktik. Lakukan apa yang harus dilakukan untuk mengalahkan mereka. Ini bukan soal emosi," ujar Guardiola dikutip dari BBC.

Guardiola juga menilai bahwa MU adalah tim yang berbahaya dan berkualitas, meskipun tercecer jauh dari persaingan gelar. Ia menyoroti performa MU di laga tandang, di mana mereka belum terkalahkan sejak Januari 2020. Ia juga mengapresiasi kemampuan MU dalam melakukan transisi cepat dari bertahan ke menyerang, yang sering kali membuat lawan-lawannya kerepotan.

"MU adalah tim yang luar biasa. Mereka memiliki kualitas individu yang hebat dan kolektif yang kuat. Mereka sangat bagus dalam melakukan serangan balik. Mereka sangat cepat, sangat kuat, dan sangat baik dalam menyelesaikan peluang. Mereka juga sangat solid dalam bertahan. Mereka adalah tim yang sulit dikalahkan," puji Guardiola.

Guardiola juga memberikan saran pada MU terkait pelatih mereka, Erik ten Hag, yang baru saja bergabung dengan Setan Merah pada Januari 2024. Ia menyarankan agar manajemen MU tidak gegabah mendepak pelatih asal Belanda itu dan sebaiknya mendukungnya dan memberikannya waktu untuk memoles tim.

"Saya pikir Ten Hag adalah pelatih yang hebat. Ia telah membuktikan kemampuannya di Ajax dan di tim nasional Belanda. Ia memiliki filosofi yang jelas dan menarik. Saya harap ia bisa mendapatkan kesempatan dan dukungan yang cukup di MU. Saya yakin ia bisa membuat MU menjadi tim yang lebih baik dan lebih kompetitif," kata Guardiola.

Laga antara Man City dan MU akan menjadi pertemuan yang ketiga bagi kedua tim musim ini. Di dua pertemuan sebelumnya, Man City berhasil menang 3-1 di Piala Liga Inggris dan 2-0 di Liga Inggris. Apakah Man City akan melanjutkan dominasinya atas MU, ataukah MU akan memberikan perlawanan sengit dan merusak rekor tak terkalahkan Man City? Kita tunggu saja jawabannya di lapangan. (Copilot)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini