Valencia berhasil menghancurkan Real Madrid dengan skor 4-1 dalam lanjutan La Liga pekan ke-27 di Mestalla, Minggu (3/2/2024) dini hari WIB. Valencia mencetak tiga gol dari titik penalti yang dieksekusi oleh Carlos Soler. Gol lainnya dicetak oleh Raphael Varane yang melakukan gol bunuh diri. Sementara itu, satu-satunya gol Madrid dicetak oleh Karim Benzema.

Hasil ini membuat Madrid gagal memperlebar jarak dengan Girona di peringkat kedua. Madrid tetap berada di puncak klasemen dengan 60 poin, unggul enam poin dari Girona yang baru akan bermain melawan Barcelona. Valencia naik ke posisi sembilan dengan 33 poin.

Madrid sebenarnya tampil dominan sejak awal pertandingan. Mereka unggul penguasaan bola dan menciptakan peluang lebih banyak. Namun, mereka gagal memanfaatkan kesempatan yang ada. Benzema membuka keunggulan Madrid pada menit ke-23 dengan tendangan keras dari luar kotak penalti.

Namun, Valencia tidak menyerah begitu saja. Mereka berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-35 melalui penalti Soler. Penalti diberikan setelah wasit melihat pelanggaran Lucas Vazquez terhadap Jose Gaya di dalam kotak terlarang. Soler mengecoh kiper Madrid, Thibaut Courtois, dengan tendangan ke pojok kiri bawah gawang.

Tak lama berselang, Valencia mendapat penalti lagi setelah Marcelo menjatuhkan Yunus Musah di area terlarang. Soler kembali menjadi algojo dan menaklukkan Courtois dengan tendangan ke pojok kanan bawah gawang. Valencia berbalik unggul 2-1 menjelang turun minum.

Di babak kedua, Madrid mencoba bangkit dan menekan Valencia. Namun, mereka malah kebobolan lagi pada menit ke-54. Varane yang mencoba menghalau umpan silang Gaya malah menyundul bola ke gawang sendiri. Valencia memperbesar keunggulan menjadi 3-1.

Madrid semakin tertekan dan harus kehilangan Benzema yang mengalami cedera pangkal paha. Valencia semakin percaya diri dan mendapat penalti ketiga pada menit ke-63. Penalti ini diberikan setelah Sergio Ramos menyentuh bola dengan tangannya saat berusaha menghalau tembakan Maxi Gomez. Soler kembali menjadi eksekutor dan mencetak gol ketiganya dengan tendangan ke pojok kiri atas gawang. Valencia menutup pertandingan dengan kemenangan telak 4-1.

Pelatih Madrid, Carlo Ancelotti, mengakui bahwa timnya tampil buruk dan mengalami masa-masa krusial dalam perburuan gelar juara. Ia mengatakan bahwa Madrid harus segera bangkit setelah jeda internasional dan mempersiapkan laga berat melawan Villarreal.

"Kami tampil buruk dan kami menerima hasil ini. Kami tidak bisa mengeluh tentang penalti-penalti yang diberikan. Kami harus menerima kenyataan dan belajar dari kesalahan kami. Ini adalah masa-masa krusial dalam musim ini. Kami harus berada dalam kondisi terbaik setelah jeda internasional. Kami akan menghadapi Villarreal yang merupakan tim yang kuat dan kami harus siap untuk itu," ujar Ancelotti seperti dikutip dari situs Madrid.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini