Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tengah berada di Eropa untuk mencari pemain-pemain keturunan Indonesia yang berpotensi untuk memperkuat skuad Garuda. Dalam kunjungannya, Shin Tae-yong juga tidak lupa untuk menyaksikan langsung penampilan tiga pemain Timnas Indonesia yang sudah berkarier di Eropa, yaitu Ivar Jenner, Sandy Walsh, dan Marselino Ferdinan.

Shin Tae-yong tiba di Belanda pada hari Jumat, 1 Maret 2024. Di sana, ia langsung menuju stadion Rat Verlegh untuk menonton pertandingan antara NAC Breda melawan Jong FC Utrecht di Eerste Divisie, kompetisi kasta kedua Belanda. Shin Tae-yong ingin melihat langsung performa Ivar Jenner, gelandang muda berusia 20 tahun yang menjadi andalan Jong FC Utrecht.

Sayangnya, Ivar Jenner tidak bisa memberikan kemenangan untuk timnya. Jong FC Utrecht harus mengakui keunggulan NAC Breda dengan skor 1-3. Meski begitu, Shin Tae-yong tetap memberikan pujian untuk Ivar Jenner yang bermain penuh selama 90 menit dan menunjukkan kemampuan mengatur permainan di lini tengah.

Setelah menonton Ivar Jenner, Shin Tae-yong melanjutkan perjalanannya ke Belgia. Di sana, ia berkesempatan untuk menyaksikan dua pemain Timnas Indonesia lainnya, yaitu Sandy Walsh dan Marselino Ferdinan. Keduanya bermain di First Division A, kompetisi tertinggi di Belgia.

Sandy Walsh adalah bek kanan yang bermain untuk KV Mechelen. Ia menjadi salah satu pemain kunci di timnya yang berada di posisi ketiga klasemen sementara. Shin Tae-yong menonton Sandy Walsh saat ia tampil sebagai starter dalam laga melawan Anderlecht, salah satu tim kuat di Belgia. Sandy Walsh bermain hampir penuh, hanya digantikan pada menit ke-87. Ia turut membantu KV Mechelen menahan imbang Anderlecht dengan skor 2-2.

Marselino Ferdinan adalah pemain sayap yang bermain untuk KMSK Deinze. Ia baru bergabung dengan tim tersebut pada Januari 2024, setelah sebelumnya bermain untuk RSCA Futures, tim cadangan Anderlecht. Shin Tae-yong menonton Marselino Ferdinan saat ia berhadapan dengan mantan timnya di Challenger Pro League, kompetisi kasta kedua Belgia. Marselino Ferdinan masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-84 dan berhasil mencetak satu gol pada menit ke-90. Ia membantu KMSK Deinze menang telak dengan skor 4-1.

Shin Tae-yong tampak senang dengan penampilan ketiga pemain Timnas Indonesia di Eropa. Ia juga berkesempatan untuk bertemu dan berbincang dengan mereka setelah pertandingan. Shin Tae-yong mengunggah beberapa foto kebersamaannya dengan ketiga pemain tersebut di akun Instagram pribadinya, @shintaeyong7777. Ia menuliskan bahwa ia bangga dengan mereka dan berharap mereka bisa terus berkembang dan berprestasi di Eropa.

Shin Tae-yong masih akan berada di Eropa selama dua minggu. Ia berencana untuk mencari dan menemui beberapa pemain keturunan Indonesia lainnya yang berpotensi untuk memperkuat Timnas Indonesia. Shin Tae-yong ingin mempersiapkan timnya sebaik mungkin untuk menghadapi Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang akan dimulai pada September 2024.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini