Manchester City berhasil membalikkan keadaan setelah tertinggal lebih dulu dari Manchester United dalam derby Manchester yang berlangsung di Etihad Stadium, Minggu (3/3/2024) malam WIB. Dua gol dari Phil Foden dan satu gol dari Erling Haaland membuat City menang 3-1 atas rival sekotanya.

Pada babak pertama, United unggul lebih dulu berkat gol jarak jauh Marcus Rashford yang menghujam pojok kiri atas gawang Ederson Moraes pada menit kedelapan. City yang mendominasi penguasaan bola dan peluang tidak mampu menembus pertahanan United yang rapat. Haaland bahkan melewatkan peluang emas saat dia gagal menuntaskan umpan sundulan Foden di depan gawang kosong.

City bangkit di babak kedua dan menyamakan kedudukan pada menit ke-56 melalui Foden. Gelandang muda asal Inggris itu mengecoh Victor Lindelof dan melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang tak bisa dijangkau oleh Andre Onana. Foden kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-80 dengan menyelesaikan umpan terobosan Julian Alvarez dari sisi kiri. Foden menaklukkan Onana dengan sepakan rendah ke tiang jauh.

City mengunci kemenangan mereka di masa injury time lewat Haaland yang memanfaatkan kesalahan Sofyan Amrabat yang kehilangan bola di dekat kotak penalti. Haaland dengan tenang melepaskan tembakan yang menembus sela-sela kaki Onana dan mengoyak jala gawang United.

Kemenangan ini membuat City kembali mendekati Liverpool di puncak klasemen Liga Inggris dengan selisih satu poin. City memiliki 62 poin dari 27 pertandingan, sedangkan Liverpool memiliki 63 poin dari 26 pertandingan. Sementara itu, United tertahan di posisi keenam dengan 44 poin dan terancam tertinggal lebih jauh dari zona Liga Champions.

City juga berhasil membalas dendam atas kekalahan 1-2 yang mereka alami di kandang United pada pertemuan pertama musim ini. Foden menjadi bintang kemenangan City dengan dua gol yang ia cetak. Foden juga menjadi pemain termuda yang mencetak dua gol dalam satu pertandingan derby Manchester sejak Wayne Rooney pada tahun 2004.

Foden mendapat pujian dari manajer City, Pep Guardiola, yang mengatakan bahwa Foden adalah pemain yang luar biasa dan memiliki potensi besar. Guardiola juga mengatakan bahwa City tidak akan menyerah dalam persaingan gelar dengan Liverpool dan akan terus berjuang hingga akhir musim.

Di sisi lain, manajer United, Jim Ratcliffe, mengakui bahwa City adalah tim yang lebih baik dan pantas menang. Ratcliffe mengatakan bahwa United tidak bisa mengimbangi intensitas dan kualitas City di babak kedua. Ratcliffe juga mengatakan bahwa United harus belajar dari kekalahan ini dan meningkatkan performa mereka di pertandingan-pertandingan berikutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini