Liverpool berhasil meraih kemenangan tipis 1-0 atas Nottingham Forest di City Ground pada Sabtu (2/3/2024) berkat gol tunggal Darwin Nunez di menit ke-99. Namun, gol tersebut menuai kontroversi karena diduga ada eror yang dilakukan oleh wasit Paul Tierney sebelum terjadinya gol.

Kejadian bermula saat Nottingham Forest mendapat sepak pojok di menit akhir. Saat bola disundul oleh pemain Forest, kiper Liverpool Caoimhin Kelleher berbenturan dengan beknya sendiri, Ibrahima Konate, yang terjatuh di kotak penalti. Wasit Tierney kemudian menghentikan permainan untuk memberikan perawatan kepada Konate.

Saat permainan dimulai lagi, Tierney memberikan bola kepada Kelleher, padahal seharusnya bola dikembalikan kepada pemain Forest yang terakhir menguasai bola, yaitu Callum Hudson-Odoi. Kelleher tidak mengembalikan bola, melainkan mengopernya langsung ke rekan setimnya. Dari situ, Liverpool melancarkan serangan balik yang berakhir dengan gol Nunez.

Gol tersebut membuat pemain dan ofisial Forest marah besar. Mereka mengepung wasit Tierney dan ofisial keempat setelah pertandingan usai. Bahkan, pemilik Forest, Evangelos Marinakis, ikut mengejar dan meneriaki wasit di ruang ganti.

Mantan wasit Premier League, Mike Dean, yang menjadi komentator di Sky Sports, mengatakan bahwa Tierney telah membuat kesalahan besar yang berdampak pada hasil pertandingan. Menurutnya, aturan drop ball jelas menyatakan bahwa bola harus dikembalikan kepada tim yang menguasai bola terakhir saat permainan dihentikan.

"Sayangnya, itu adalah sebuah kesalahan dan buruk, karena pada akhirnya berujung pada gol. Hukum menyatakan siapa pun yang menguasai bola terakhir saat permainan dihentikan, bola akan dikembalikan kepada mereka. Callum Hudson-Odoi jelas menguasai bola, dan bola seharusnya dikembalikan ke Nottingham Forest," kata Dean.

Dean menambahkan bahwa Tierney harus belajar dari kesalahannya dan mengakui erornya. "Ini adalah sesuatu yang harus mereka jalani dan pelajari – ini adalah eror, kita semua tahu itu adalah kesalahan," ujarnya.

Gol kontroversial Nunez menjadi gol ke-15nya di Premier League musim ini. Namun, pemain asal Uruguay itu juga mendapat kritik karena sering membuang peluang dan terjebak offside. Menurut data resmi Premier League, Nunez telah membuang 38 peluang dan 34 kali terjebak offside.

Kemenangan Liverpool membuat mereka mempertahankan keunggulan empat poin atas Manchester City di puncak klasemen. Sementara itu, Forest masih terancam degradasi dengan hanya unggul empat poin dari zona merah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini