Roma akan menghadapi Brighton di babak 16 besar Liga Europa. Tim asal Italia ini akan lebih dulu bertindak sebagai tuan rumah pada leg pertama di Stadion Olimpico, Jumat (8/3/2024) dini hari WIB.

Roma lolos ke babak 16 besar setelah menyingkirkan Ajax Amsterdam dengan agregat 4-2 di babak 32 besar. Sementara itu, Brighton mengalahkan Olympiacos dengan agregat 5-3 di babak yang sama.

Roma dan Brighton belum pernah bertemu sebelumnya di kompetisi Eropa. Namun, kedua tim memiliki pelatih yang berasal dari Italia. Roma dipimpin oleh Daniele De Rossi, mantan kapten tim tersebut yang pensiun pada tahun 2020. Sedangkan Brighton ditangani oleh Roberto de Zerbi, mantan pelatih Sassuolo yang bergabung dengan klub Inggris itu pada tahun 2022.

De Rossi mengatakan bahwa timnya tidak takut menghadapi Brighton, meskipun mengakui bahwa lawannya memiliki kualitas yang baik. "Brighton adalah tim yang bermain dengan gaya yang menarik dan memiliki pemain-pemain yang berkualitas. Namun, kami tidak memiliki alasan untuk takut. Kami memiliki tim yang kuat dan berpengalaman, dan kami siap untuk bersaing di level tertinggi," ujar De Rossi.

De Rossi juga menyanjung de Zerbi sebagai salah satu pelatih terbaik di dunia. "Saya mengenal de Zerbi dengan baik, dia adalah teman saya dan juga seorang pelatih yang hebat. Dia telah melakukan pekerjaan yang luar biasa di Brighton, dan saya senang melihatnya sukses di Inggris. Saya yakin dia akan memberikan tantangan yang besar bagi kami," kata De Rossi.

Di sisi lain, de Zerbi mengaku senang bisa kembali ke Italia dan berhadapan dengan Roma. "Ini adalah pertandingan yang spesial bagi saya, karena saya akan kembali ke negara saya dan menghadapi salah satu klub terbesar di Italia. Roma adalah tim yang saya hormati dan kagumi, dan saya tahu mereka memiliki pelatih yang fantastis di De Rossi. Saya harap ini akan menjadi pertandingan yang menarik dan seimbang," ucap de Zerbi.

Brighton saat ini berada di posisi ketujuh di klasemen Liga Premier Inggris, dengan 50 poin dari 28 pertandingan. Mereka hanya terpaut empat poin dari zona Liga Champions. Brighton juga memiliki beberapa pemain yang tampil impresif musim ini, seperti striker Danny Llorente yang mencetak 14 gol di semua kompetisi, gelandang Pascal Groß yang mencatatkan 13 assist, dan bek Jethro van Hecke yang menjadi andalan di lini belakang.

Roma, di sisi lain, berada di posisi ketiga di klasemen Serie A Italia, dengan 58 poin dari 27 pertandingan. Mereka tertinggal 11 poin dari pemimpin klasemen Inter Milan. Roma juga memiliki beberapa bintang di timnya, seperti penyerang Romelu Lukaku yang menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Europa dengan 17 gol, gelandang Bryan Cristante yang menjadi kapten tim, dan bek Gianluca Mancini yang menjadi pemain dengan penampilan terbanyak di semua kompetisi dengan 23 kali.

Pertandingan antara Roma dan Brighton akan menjadi salah satu laga yang paling dinanti-nanti di babak 16 besar Liga Europa. Kedua tim memiliki peluang yang sama untuk melaju ke perempat final, dan mereka akan berusaha untuk menunjukkan performa terbaik mereka di atas lapangan. Siapakah yang akan keluar sebagai pemenang? Kita tunggu saja jawabannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini