Persib Bandung berhasil meraih kemenangan besar saat bertandang ke markas RANS Nusantara FC di Stadion Sultan Agung, Bantul, pada pekan ke-27 Liga 1 2023/24, Minggu (3/3/2024). Maung Bandung menang dengan skor 4-0 berkat gol-gol dari Ciro Alves, David da Silva, Stefano Beltrame, dan gol bunuh diri Erwin Ramdani.

Kemenangan ini membuat Persib naik ke posisi kedua klasemen sementara dengan 48 poin, sama dengan Persebaya Surabaya yang berada di posisi ketiga. Persib juga unggul selisih gol dari Persija Jakarta yang berada di posisi keempat dengan 48 poin.

Persib dan Persija akan bertemu dalam laga klasik yang akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, pada Sabtu (9/3/2024). Laga ini akan menjadi penentu bagi kedua tim untuk memperebutkan tiket ke babak semifinal Liga 1.

Pelatih Persib, Bojan Hodak, mengatakan bahwa kemenangan atas RANS memberikan kepercayaan diri bagi para pemainnya untuk menghadapi Persija. Ia juga berharap bahwa Persib bisa bermain dengan didukung oleh suporter di stadion.

"Semuanya menjadi lebih ringan ketika bisa meraih kemenangan. Dalam empat pertandingan terakhir, kami bermain dengan bagus dan di dua pertandingan terakhir kami menang 3-0 dan 4-0 menghadapi tim yang bagus," kata Hodak dalam keterangan resmi Persib.

"Tentunya ini membuat semuanya mendapatkan kepercayaan diri. Menghadapi Persija, kami sudah paham dengan motivasi apa yang diusung. Saya hanya berharap bahwa kami bisa bermain dengan didukung suporter," ujarnya menambahkan.

Persib menunjukkan performa yang impresif saat mengalahkan RANS. Mereka mampu menciptakan banyak peluang dan memanfaatkan kesalahan lawan. Gol pertama Persib dicetak oleh Ciro Alves pada menit ke-10 setelah menerima umpan dari Ryan Kurnia.

Gol kedua Persib tercipta dari titik penalti yang dieksekusi oleh David da Silva pada menit ke-51. Penalti diberikan setelah Ciro Alves dilanggar oleh kiper RANS, Tri Hamdani, di dalam kotak terlarang.

Gol ketiga Persib dicetak oleh Stefano Beltrame pada menit ke-61. Pemain asal Italia itu memanfaatkan kesalahan Tri Hamdani yang salah mengirim umpan goal kick. Beltrame menerima umpan dari David da Silva dan melepaskan tembakan yang tak bisa dihalau oleh kiper RANS.

Gol keempat dan terakhir Persib dicetak oleh Erwin Ramdani yang melakukan gol bunuh diri pada menit ke-83. Bek RANS itu salah mengantisipasi bola deras dari tendangan bebas Marc Klok yang mengarah ke Edo Febriansah. Bola malah mengenai kaki Erwin dan masuk ke gawang sendiri.

Sementara itu, RANS harus menerima kekalahan yang memperpanjang tren buruk mereka. Tim besutan Raffi Ahmad itu sudah 11 laga tanpa kemenangan di Liga 1. Mereka terpuruk di posisi ke-17 dengan 21 poin, terpaut 10 poin dari zona aman.

RANS juga gagal memanfaatkan peluang yang mereka dapatkan. Mereka hanya melepaskan empat tembakan, tiga di antaranya tepat sasaran, tetapi tidak ada yang bisa menjebol gawang Persib yang dijaga oleh I Made Wirawan.

Pelatih RANS, Bima Sakti, mengakui bahwa Persib lebih unggul dari timnya. Ia juga mengkritik penampilan para pemainnya yang kurang fokus dan disiplin.

"Kami kalah dari tim yang lebih baik. Persib bermain bagus dan efektif. Kami tidak bisa mengimbangi mereka. Kami juga banyak melakukan kesalahan yang berujung gol," kata Bima dalam konferensi pers usai laga.

"Kami harus belajar dari kekalahan ini. Kami harus lebih fokus dan disiplin. Kami harus berjuang sampai akhir untuk keluar dari zona degradasi," ujarnya.

Persib dan RANS akan melanjutkan perjuangan mereka di Liga 1 dengan menghadapi lawan-lawan berat. Persib akan menghadapi Persija, sementara RANS akan bertandang ke markas Bali United.

Keterangan resmi Persib
Konferensi pers usai laga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini