Pratama Arhan, pemain asal Indonesia yang bergabung dengan Suwon FC pada Januari 2024, belum mendapatkan kesempatan bermain di liga tertinggi Korea Selatan, K League 1. Pelatih Suwon FC, Kim Eun-jung, memberikan alasan mengapa ia masih menunda debut Arhan di kompetisi tersebut.

Arhan, yang merupakan pemain Timnas Indonesia, tidak masuk dalam daftar pemain Suwon FC yang menghadapi Incheon United pada pekan perdana K League 1, Sabtu (2/3/2024). Suwon FC menang 1-0 lewat gol penalti Lee Seung-woo di menit ke-90+10.

Kim Eun-jung mengatakan bahwa Arhan masih membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan kekuatan fisik dan tempo permainan di K League 1. Ia juga mengungkapkan bahwa ia sudah mendapatkan masukan dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tentang potensi Arhan.

"Saya mendapatkan banyak masukkan dari Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. Dia (Arhan) juga punya banyak pengalaman di Piala Asia," kata Kim Eun-jung, dikutip dari media Korea Selatan Sports-G.

"Di samping soal skill, jika anda beradaptasi dengan kekuatan fisik dan tempo K League, maka waktu (kesempatan) untuk itu akan semakin dekat," ujarnya menambahkan.

Kim Eun-jung juga membantah bahwa perekrutan Arhan hanya sebagai alat marketing untuk Suwon FC. Ia menegaskan bahwa ia sudah memantau Arhan sejak ia masih menjadi pelatih Timnas Korea Selatan U-20.

"Pemain Timnas Indonesia itu sudah lama dipantau oleh sang pelatih. Dikutip dari media Korea Selatan, Yonhap, Arhan dinilai sebagai pemain yang punya kemampuan oke dalam mengumpan dan menggiring bola. Kehadirannya akan memberikan Suwon opsi serangan baru," tulis detikSport.

Arhan sendiri mengaku tidak kecewa dengan keputusan pelatih Suwon FC. Ia mengatakan bahwa ia akan terus berusaha keras untuk menunjukkan kemampuannya dan membantu timnya.

"Saya tidak merasa sedih atau marah. Saya menghormati keputusan pelatih. Saya akan terus berlatih keras dan berdoa agar saya bisa segera bermain di K League 1," kata Arhan, seperti dilansir BolaSport.com.

Arhan juga berharap bisa mendapatkan izin dari Suwon FC untuk membela Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024, yang akan digelar di Thailand pada Juni mendatang. Ia mengaku ingin membantu Indonesia meraih prestasi di ajang tersebut.

"Saya sangat ingin bermain untuk Timnas Indonesia di Piala Asia U-23. Saya berharap Suwon FC bisa memberikan izin kepada saya. Saya yakin Indonesia bisa berbicara banyak di turnamen itu," ucap Arhan.

Suwon FC akan kembali berlaga di K League 1 pada pekan kedua, Sabtu (9/3/2024). Mereka akan menjamu juara bertahan Jeonbuk Motors di Venue Suwon Sports Complex, Suwon. Apakah Arhan akan mendapat kesempatan bermain di laga tersebut? Kita tunggu saja.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini