Inter Milan berhasil mengalahkan Genoa dengan skor 2-1 pada laga lanjutan Serie A di Giuseppe Meazza, Selasa (5/3/2024) dini hari WIB. Kemenangan ini membuat Inter semakin kokoh di puncak klasemen dengan keunggulan 15 poin dari Juventus di posisi kedua.

Inter membuka keunggulan melalui gol Kristjan Asllani pada menit ke-31, yang menerima umpan terobosan dari Alexis Sanchez dan melepaskan tembakan yang tak bisa dijangkau oleh kiper Genoa, Ionut Radu. Gol ini merupakan gol ke-15 Asllani di Serie A musim ini, yang menjadikannya sebagai pencetak gol terbanyak kedua di liga setelah Cristiano Ronaldo.

Inter menggandakan keunggulan mereka tujuh menit kemudian, setelah wasit Giovanni Ayroldi memberikan penalti kepada tuan rumah. Penalti ini dipicu oleh tekel Morten Fendrup terhadap Nicolo Barella, yang sudah melepaskan tembakan ke arah gawang. Meskipun tekel Fendrup tampak lebih dulu mengenai bola sebelum mengenai kaki Barella, wasit tetap pada keputusannya setelah meninjau VAR. Alexis Sanchez yang menjadi algojo penalti berhasil menaklukkan Radu dengan tendangan keras ke pojok kanan bawah.

Penalti ini menuai kontroversi dan protes dari pihak Genoa, yang merasa dirugikan oleh keputusan wasit. Pelatih Genoa, Alberto Gilardino, mengatakan bahwa timnya tidak layak dihukum penalti dan mengecam blunder wasit. "Itu tidak terlihat seperti penalti di lapangan dan sekarang melihat rekamannya, kami yakin dengan itu," kata Gilardino kepada Sky Sport Italia. "Saat wasit menghubungi VAR, dia harus mengevaluasinya lagi, tapi ternyata tidak. Anggap saja itu sangat meragukan, tetapi saya lebih suka berbicara tentang kinerja para pemain saya yang memiliki keberanian dan kualitas yang luar biasa."

Genoa tidak menyerah begitu saja dan berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 pada menit ke-54, melalui gol Johan Vasquez. Gelandang asal Meksiko itu mencetak gol spektakuler dengan sundulan voli setelah menerima umpan silang dari Aaron Martin. Gol ini merupakan gol pertama Vasquez di Serie A sejak bergabung dengan Genoa pada Januari lalu.

Genoa nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-64, ketika Mateo Retegui menyundul bola hasil sepak pojok, namun bola diblok oleh Yann Bisseck yang berada di depan gawang. Inter juga mendapat beberapa peluang untuk menambah gol, namun gagal dimanfaatkan oleh Barella, Carlos Augusto, dan Lautaro Martinez.

Hingga peluit akhir berbunyi, skor 2-1 untuk Inter tetap bertahan. Inter meraih kemenangan ke-12 secara beruntun di Serie A dan memperlebar jarak dengan Juventus, yang kalah 1-2 dari Napoli sehari sebelumnya. Inter kini mengoleksi 72 poin dari 28 pertandingan, sementara Juventus memiliki 57 poin dari 27 pertandingan.

Pelatih Inter, Simone Inzaghi, mengaku puas dengan hasil dan penampilan timnya, meskipun mengakui bahwa penalti yang diberikan kepada Inter adalah keputusan yang sulit. "Saya telah mengalami banyak pertandingan di Italia dan Eropa, mungkin sekitar 400 pertandingan. Setelah melihat banyak pertandingan di luar negeri, saya harus mengatakan bahwa wasit kami (malam ini) adalah salah satu yang terbaik," kata Inzaghi kepada DAZN. "Penalti itu memang dipertanyakan, tapi wasit juga manusia, bisa melakukan kesalahan. Yang penting adalah kami menang dan menjaga jarak dengan pesaing kami."

Inter akan melanjutkan perjuangan mereka untuk meraih Scudetto pertama sejak 2010 dengan menghadapi Torino pada Minggu (10/3/2024) mendatang. Sementara itu, Genoa yang berada di posisi ke-13 dengan 32 poin akan menjamu Sampdoria pada Derby della Lanterna pada hari yang sama.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini