Derby Manchester antara Manchester City dan Manchester United di Etihad Stadium, Minggu (3/3/2024), berlangsung dengan sengit. Man City menang 3-1 atas rival sekotanya itu, namun kemenangan tersebut ternodai oleh aksi tak terpuji salah seorang fans mereka.

Seorang pria berjaket hijau yang merupakan penggemar Man City, tertangkap kamera sedang mengolok-olok fans MU dengan gestur tangan seperti pesawat terbang. Aksi itu diduga sebagai sindiran untuk Tragedi Munich 1958 yang menimpa MU.

Tragedi Munich 1958 adalah kecelakaan pesawat yang menewaskan 23 orang, termasuk 8 pemain MU, ketika mereka pulang dari Belgrade usai melaju ke semifinal Piala Eropa (Liga Champions). Tragedi itu menjadi salah satu momen paling menyedihkan dalam sejarah sepak bola Inggris.

Aksi fans Man City itu pun menuai kecaman dari berbagai pihak, termasuk dari Man City sendiri. Klub berjuluk The Sky Blues itu mengutuk segala tindakan yang melecehkan Tragedi Munich 1958.

Polisi Greater Manchester juga segera bertindak dengan menangkap pria tersebut. Dalam pernyataan resminya, polisi mengatakan bahwa pria itu ditangkap karena dicurigai melakukan nyanyian tragedi.

"Selama Derby Manchester, petugas menangkap seorang pria karena dicurigai melakukan nyanyian tragedi. Berdasarkan laporan yang dibuat di tengah kerumunan, pria tersebut segera ditangkap oleh petugas kami," begitu isi pernyataan polisi.

Aksi fans Man City itu juga mendapat sorotan dari media-media Inggris. Beberapa media mengekspos video dan foto fans Man City yang mengolok-olok Tragedi Munich 1958. Media-media itu juga mengkritik sikap tidak sportif dan tidak beradab dari fans Man City tersebut .

Derby Manchester memang selalu menjadi laga yang panas dan penuh gengsi. Namun, hal itu tidak seharusnya menjadi alasan untuk menghina dan mengejek tragedi yang menimpa lawan. Semoga aksi fans Man City itu menjadi pelajaran bagi semua penggemar sepak bola untuk lebih menghormati dan menghargai sesama.

Fans Man City Ditangkap gegara Olok-olok Tragedi Munich 1958 – detiksport
Munich air disaster – Wikipedia
Fans City Ditahan Polisi, Diduga Ejek Tragedi Munich
Fan Ditahan saat Derby Manchester Usai Ledek Tragedi MU – IDN Times

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini