Pemain PSS Sleman, Wahyudi Hamisi, mendapat sorotan tajam dari PSSI setelah melakukan aksi brutal terhadap pemain Persebaya Surabaya, Bruno Moreira, pada pertandingan Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (3/3/2024). Wahyudi terlihat menyepak kepala Bruno yang sedang terjatuh di depan wasit, tetapi hanya mendapat kartu kuning.

PSSI melalui Sekretaris Jenderalnya, Yunus Nusi, angkat suara mengenai insiden tersebut. Ia mengatakan PSSI tidak menutup mata dan bisa memberikan sanksi berat terhadap aksi tersebut. Ia juga menyayangkan sikap wasit yang tidak memberikan hukuman yang sesuai kepada Wahyudi.

"Kami sangat menyayangkan insiden itu. Kami sudah berkoordinasi dengan Komite Wasit, Pak Rudy (Yulianto). Kami berharap ada evaluasi termasuk sanksi berat terhadap pemain," kata Yunus Nusi kepada wartawan.

Ia menambahkan bahwa para pemain harus meningkatkan rasa hormat terhadap sesama dan bermain sportif. Ia mengingatkan bahwa aksi-aksi brutal di lapangan bisa berakibat fatal, seperti yang pernah terjadi di Riau dan Lamongan, yang menyebabkan pemain meninggal dunia.

"Kami kasihan dengan pemain jika tidak terlindungi nyawanya. Pertandingan Persebaya kami jadikan evaluasi dan kami sudah berkoordinasi dengan Komite Wasit. Kami masih tunggu surat keberatan dari Persebaya agar masuk ke ranah Komite Disiplin," ujarnya.

Sementara itu, Persebaya sudah mengirim surat protes resmi ke PSSI terkait aksi brutal Wahyudi Hamisi. Dalam pernyataannya, Persebaya juga mengungkit aksi kasar pemain yang sama saat mencederai mantan pemainnya, Robertino Pugliara, yang membuatnya pensiun dari dunia sepak bola.

Persebaya kecewa Wahyudi Hamisi belum membuang sifat kasarnya dalam bermain. Mereka meminta PSSI bertindak tegas dan adil terhadap pemain yang merusak citra sepak bola Indonesia.

Terbaru, Wahyudi Hamisi memberikan klarifikasi soal kejadian tersebut. Ia mengaku tidak ada kesengajaan untuk menendang kepala, tetapi ia tetap meminta maaf kepada Bruno dan Persebaya.

Artikel ini dibuat berdasarkan informasi dari sumber-sumber berikut:

Kata PSSI soal Potensi Sanksi buat Wahyudi Hamisi – detiksport
[Korban Aksi Wahyudi Hamisi: Dulu Robertino Pugliara, Kini Bruno Moreira – detiksport]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini