Lukas Podolski, mantan bintang Jerman yang kini bermain di liga Polandia, belum memiliki rencana untuk pensiun dari sepak bola. Ia malah menantang Gianluigi Buffon, kiper legendaris Italia yang baru saja mengumumkan pensiun di usia 45 tahun.

Podolski, yang lahir di Polandia dan pindah ke Jerman saat masih kecil, mengaku senang bisa kembali ke kampung halamannya dan bermain untuk klub Gornik Zabrze. Ia mengatakan bahwa ia selalu bermimpi untuk membantu klub tersebut, dan merasa dicintai oleh para pendukungnya.

"Saat mendapat kesempatan main untuk Gornik Zabrze, aku tidak perlu berpikir panjang. Orang-orang menyayangiku, aku tinggal dekat lokasi pusat latihan. Menyenangkan bisa berguna untuk klub kampung halamanmu," ujar Podolski dalam wawancara dengan media Italia La Gazzetta dello Sport.

Podolski, yang akan berusia 39 tahun pada bulan Juni mendatang, masih memiliki kontrak dengan Gornik Zabrze hingga Juni 2025. Ia mengaku belum memikirkan kapan akan pensiun, dan malah menyinggung nama Buffon, yang baru-baru ini mengakhiri karier panjangnya di Parma FC.

"Gigi Buffon pensiun umur berapa? 45? Jadi, itu berarti aku akan pensiun di umur 46," katanya seraya tersenyum, menyebut nama sosok kiper yang pernah menjadi lawannya di Piala Dunia 2006 dan 2014.

"Terlepas dari kelakar itu, aku belum tahu (kapan pensiun). Kontrakku habis pada 2025, tapi aku masih akan terus selama masih merasa oke. Bisa saja (pensiun) sebelum itu atau sesudahnya. Saat ini aku terbebas dari cedera, jadi aku belum berpikir soal pensiun," tutur Lukas Podolski.

Podolski merupakan salah satu pemain yang memiliki karier cemerlang di level klub maupun timnas. Ia pernah membela klub-klub besar seperti Bayern Munich, Arsenal, dan Inter Milan, serta mencatatkan 130 caps dan 49 gol untuk timnas Jerman. Ia juga menjadi bagian dari skuad Jerman yang menjuarai Piala Dunia 2014 di Brasil.

Sementara itu, Buffon merupakan salah satu kiper terbaik sepanjang masa. Ia memegang rekor penampilan terbanyak untuk timnas Italia dengan 176 caps, dan menjadi kapten tim yang menjuarai Piala Dunia 2006 di Jerman. Ia juga menjadi ikon Juventus dengan memenangkan sembilan gelar Serie A dan lima gelar Coppa Italia.

Buffon mengumumkan pensiunnya pada 4 Agustus 2023, setelah menghabiskan dua musim terakhirnya bersama Parma FC, klub yang membesarkan namanya. Ia mengatakan bahwa ia ingin menutup karier indahnya dengan cara yang sederhana dan damai.

"Aku ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah mendukungku selama ini. Aku merasa sangat beruntung bisa bermain sepak bola selama ini, dan merasakan banyak emosi yang luar biasa. Aku merasa puas dengan apa yang telah aku capai, dan sekarang saatnya untuk menikmati hidupku yang baru," kata Buffon dalam konferensi pers perpisahannya.

Dengan pensiunnya Buffon, dunia sepak bola kehilangan salah satu tokohnya yang paling dihormati dan dikagumi. Namun, masih ada Podolski yang siap melanjutkan perjuangannya di lapangan hijau, meski usianya sudah tidak muda lagi. Siapa yang akan lebih lama bertahan, Podolski atau Buffon? Kita tunggu saja jawabannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini