Simone Inzaghi telah mencapai tonggak sejarah sebagai pelatih di Serie A. Saat Inter Milan mengalahkan Genoa 2-1 pada pekan ke-27 musim 2023/2024, Selasa (5/3/2024) dini hari WIB, Inzaghi telah menjalani 300 laga sebagai pelatih di kasta tertinggi sepak bola Italia.

Prestasi Inzaghi semakin mengkilap dengan catatan kemenangan yang ia raih di 300 laga tersebut. Dengan 179 kemenangan, ia menjadi pelatih dengan start terbaik di 300 laga pertamanya di Serie A, melewati rekor Carlo Ancelotti dan Massimiliano Allegri yang masing-masing meraih 172 dan 171 kemenangan .

Inzaghi juga menjadi pelatih ketujuh dalam sejarah Serie A yang mencatatkan setidaknya 70 kemenangan dengan dua tim berbeda (Inter dan Lazio), setelah Fabio Capello, Gian Piero Gasperini, Giovanni Trapattoni, Massimiliano Allegri, Nereo Rocco, dan Nils Liedholm.

Di Inter, Inzaghi menjadi pelatih ketujuh yang menangani setidaknya 100 laga di Serie A, dan ia juga memiliki rata-rata poin terbaik di antara mereka (menghitung tiga poin untuk setiap kemenangan). Inzaghi juga menjadi pelatih Inter pertama yang memenangkan sembilan laga pertamanya di Serie A pada tahun kalender yang sama, yaitu 2024.

Inzaghi juga membawa Inter bermain dengan gaya menyerang dan solid. Inter menjadi tim pertama dalam sejarah Serie A yang mencetak gol di 25 laga berturut-turut, dan kini sudah mencapai 35 laga. Inzaghi juga menjadi pelatih kedua yang membuat Inter mencetak setidaknya empat gol di empat laga beruntun di Serie A, yaitu melawan Roma, Salernitana, Lecce, dan Atalanta, semua pada bulan Februari 2024.

Dengan hasil-hasil yang diraihnya, Inzaghi membawa Inter kokoh di puncak klasemen Serie A dengan 72 poin dari 27 laga, unggul 15 poin dari Juventus di posisi kedua. Inzaghi pun berambisi untuk mempertahankan performa dan konsistensi timnya hingga akhir musim.

"Kami harus terus seperti ini, bekerja seperti yang sudah kami lakukan," ujar Inzaghi kepada Sky Sport Italia. "Anak-anak tahu apa targetnya, masih ada 11 pertandingan lagi di Serie A dan 33 poin untuk diperebutkan, jadi kami tidak boleh membiarkan apa pun lepas," katanya.

Simone Inzaghi telah membuktikan dirinya sebagai pelatih yang tangguh dan berkualitas di Serie A. Ia telah menciptakan sejarah dan rekor di 300 laga pertamanya sebagai pelatih di liga tersebut. Apakah ia akan mampu membawa Inter meraih gelar juara Serie A untuk kedua kalinya secara beruntun? Kita tunggu saja.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini