Persimuba Musi Banyuasin merupakan salah satu tim yang sudah memastikan lolos ke Liga 3 Nasional sejak menjuarai Liga 3 Zona Sumsel 2022/2023 lalu. Namun, tim ini masih harus menunggu satu tim lagi yang akan mewakili Sumatera Selatan di kompetisi tingkat nasional tersebut.

Asprov PSSI Sumsel masih menggelar lanjutan Liga 3 Zona Sumsel 2024 hingga Minggu 3 Maret 2024. Empat tim yang masih berjuang untuk mendapatkan tiket nasional adalah PS Palembang, Bhayangkara FC, David FC, dan Persimuba sendiri.

Presiden Klub Persimuba, Akhmad Toyibir, mengatakan bahwa timnya tidak lagi mengincar gelar juara di liga lanjutan ini. Ia menjelaskan bahwa Persimuba hanya ingin membantu pemenuhan kuota jumlah pertandingan dan mematangkan tim untuk persiapan Liga 3 Nasional.

"Selain membantu pemenuhan kuota jumlah pertandingan juga demi persiapan dan pematangan tim. Persimuba tetap akan menjadi wakil Sumsel apapun hasil di laga ini," ujar Toyibir, yang juga Exco Asprov PSSI Sumsel.

"Bagi Persimuba tak ada konsekuensi apapun dari hasil akhir pertandingan ini. Juara dari liga 3 Zona Sumsel 2024 ini akan mendampingi Persimuba di tingkat nasional. Persimuba juara Liga 3 Zona Sumsel yang digelar 2023, laga kali ini lanjutannya saja karena demi mencapai kuota Sumsel 2 wakil," tambahnya.

Toyibir juga mengatakan bahwa Persimuba siap bersaing di Liga 3 Nasional bersama wakil Sumsel lainnya. Ia berharap timnya bisa menunjukkan performa terbaik dan mengharumkan nama daerahnya.

"Kami siap bersaing di Liga 3 Nasional bersama wakil Sumsel lainnya. Kami berharap bisa menampilkan permainan yang bagus dan mengharumkan nama Sumsel di kancah nasional," tuturnya.

Sementara itu, Sekum Asprov PSSI Sumsel, Syahril Musa, membenarkan bahwa lanjutan Liga 3 Zona Sumsel 2024 digelar seiring adanya penambahan slot di putaran nasional. Ia menegaskan bahwa kuota untuk Persimuba aman dan tidak akan terganggu oleh hasil liga lanjutan ini.

"Kuota untuk Persimuba aman. Klub ini tahun 2023 lalu sudah memastikan lolos mewakili Sumsel. Nah, yang juara Liga 3 tahun ini juga akan mendapatkan slot ke putaran nasional. Artinya ada dua klub yang akan mewakili Sumsel di Liga 3 putaran nasional nanti. Meski Persimuba sudah lolos kita tetap berharap ikut ajang ini. Posisinya sebagai wakil Sumsel tidak akan terganggu dan tak akan mengganggu slot tahun ini," tegasnya.

Liga 3 Nasional rencananya akan digelar pada bulan April 2024. Sebanyak 64 tim dari seluruh Indonesia akan bertanding untuk memperebutkan tiket promosi ke Liga 2. Persimuba dan wakil Sumsel lainnya tentunya berharap bisa menjadi salah satu tim yang berhasil naik kelas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini