Liverpool – Keputusan Juergen Klopp untuk mundur dari jabatan pelatih Liverpool di akhir musim ini mengejutkan dunia sepak bola. Namun, hal itu justru menjadi motivasi bagi para pemain The Reds untuk meraih prestasi sebanyak mungkin sebelum sang manajer pergi.

Klopp telah menjadi pelatih Liverpool sejak tahun 2015 dan berhasil membawa klub kembali ke puncak kejayaan. Di bawah asuhan Klopp, Liverpool meraih gelar Liga Inggris pertama dalam 30 tahun, Liga Champions keenam, dan beberapa trofi lainnya. Klopp juga dikenal sebagai sosok yang dekat dengan para pemain dan memiliki hubungan yang baik dengan para pendukung.

Namun, pada akhir Januari lalu, Klopp mengumumkan bahwa ia akan meninggalkan Liverpool pada akhir musim ini. Alasan utama yang ia sampaikan adalah karena ia merasa kehabisan energi dan ingin beristirahat dari dunia sepak bola. Klopp juga mengaku ingin melakukan misi mulia dengan bergabung dengan organisasi kemanusiaan Doctors Without Borders.

Kepergian Klopp tentu saja menjadi pukulan besar bagi Liverpool, yang saat ini masih berjuang di empat kompetisi. Liverpool saat ini memimpin klasemen Liga Inggris dengan selisih 10 poin dari Manchester City di posisi kedua. Liverpool juga lolos ke final Piala Liga Inggris, perempat final Piala FA, dan babak 16 besar Liga Europa.

Namun, para pemain Liverpool tidak mau larut dalam kesedihan. Mereka justru berjanji untuk memberikan yang terbaik untuk Klopp dan mengakhiri musim ini dengan gelar-gelar yang membanggakan. Salah satu yang menyuarakan hal itu adalah kapten Liverpool, Virgil van Dijk.

"Kami masih memiliki banyak target yang ingin dicapai tahun ini dan mengapa tidak menyelesaikan musim dengan baik dan juga merayakannya untuk Klopp,” kata Van Dijk di situs resmi klub. "Tentu saja ini sangat besar, ini adalah berita besar dalam sepak bola. Ini bahkan mungkin akan memberi Anda dorongan ekstra atau mungkin lebih menikmatinya bersama-sama dan membuat bagian terakhir musim ini, waktu manajer di klub, waktu terbaik yang pernah dia alami," ujarnya.

Pendapat serupa juga diungkapkan oleh mantan pemain Liverpool, Patrik Berger, yang mengatakan bahwa kepergian Klopp telah mempererat ikatan antara para pemain. "Kita bisa melihat hubungan antara Juergen dan para pemain luar biasa. Tampaknya semua orang di skuad menyukainya dan itu tidak mudah, karena ada 25 atau 30 pemain di skuad dan jelas tak semuanya bisa bermain," katanya. "Pastinya ada motivasi lebih besar buat para pemain untuk memenangi gelar sebanyak mungkin, hanya karena dia pergi dan akan jadi perpisahan yang indah dan fantastis kalau mereka bisa memenangi beberapa trofi lagi sebelum akhir musim," imbuhnya.

Liverpool akan menghadapi tantangan berat di sisa musim ini, terutama di Liga Europa, di mana mereka akan berhadapan dengan juara bertahan, Sevilla, di babak 16 besar. Namun, dengan semangat yang membara dan soliditas yang tinggi, Liverpool siap untuk mengukir sejarah dan memberikan penghormatan terakhir untuk Klopp.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini