Liverpool akan menghadapi laga krusial melawan Manchester City di pekan ke-28 Premier League, Minggu (10/3) malam WIB. Pertandingan ini bisa menentukan nasib kedua tim dalam persaingan memperebutkan gelar juara musim ini.

Liverpool saat ini masih memimpin klasemen dengan 63 poin, unggul satu angka dari Man City yang berada di posisi kedua. Namun, Man City memiliki keunggulan head to head atas Liverpool setelah menang 2-1 di Etihad Stadium pada Januari lalu.

Jika Liverpool bisa menang di Anfield, mereka akan memperbesar jarak menjadi empat angka dan memutus rekor tak terkalahkan Man City di 14 laga terakhir di semua kompetisi. Namun, jika Man City yang menang, mereka akan merebut posisi puncak dari Liverpool dengan selisih gol yang lebih baik.

Salah satu legenda Arsenal, Paul Merson, meyakini bahwa Liverpool akan juara jika bisa mengalahkan Man City di akhir pekan. Ia mengatakan bahwa Liverpool memiliki jadwal yang lebih ideal dibandingkan Man City yang masih harus menghadapi Arsenal di pekan berikutnya.

"Andaikata tidak bikin gol di menit akhir melawan Nottingham Forest, Liverpool akan di posisi ketiga saat ini. (Tapi) sekarang jika mengalahkan Man City akhir pekan ini, aku akan menjagokan mereka terus melaju dan menjuarai liga. Sebegitu cepatnya perubahan berjalan," tulis Merson di Sky Sports.

Merson juga menilai bahwa Man City harus memenangi kedua laga tersebut jika ingin mempertahankan gelar juara mereka. Ia mengatakan bahwa Man City akan berada di bawah tekanan besar jika kalah dari Liverpool.

"Aku tidak yakin Man City sudah cukup dengan raihan satu poin dari dua laga berikutnya di markas Liverpool dan menjamu Arsenal. (Memang) kalau City memenangi keduanya, mereka bisa kembali menjuarai liga."

"Namun, jika City kalah di hari Minggu nanti, aku akan terkejut seandainya Liverpool kemudian tidak menjuarai liga. Jadwalnya ideal buat mereka dan (jika menang) bakal unggul empat poin dari Man City yang setelah itu harus menghadapi Arsenal. Itu semua adalah laga-laga penting," tutur Merson.

Liverpool sendiri memiliki motivasi tinggi untuk mengakhiri puasa gelar juara Liga Inggris yang sudah berlangsung selama 30 tahun. Mereka juga ingin membalas kekalahan dari Man City di leg pertama dan membuktikan bahwa mereka adalah tim terbaik di Inggris saat ini.

Sementara itu, Man City tidak ingin melepaskan peluang untuk meraih treble domestik setelah berhasil menjuarai Piala Liga dan melaju ke final Piala FA. Mereka juga ingin mengulangi prestasi musim lalu ketika mereka menjuarai Liga Inggris dengan 100 poin.

Pertandingan antara Liverpool dan Man City diprediksi akan berlangsung sengit dan seru. Kedua tim memiliki skuad yang berkualitas dan pelatih yang cerdas. Siapakah yang akan keluar sebagai pemenang di akhir pekan? Kita tunggu saja. (Copilot/nds)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini