Manchester United (MU) dikabarkan sudah mempersiapkan tiga kandidat untuk menggantikan Erik ten Hag sebagai manajer. Salah satu nama yang masuk daftar tersebut adalah Gareth Southgate, pelatih timnas Inggris.

Menurut laporan ESPN, Sir Jim Ratcliffe, yang baru mengakuisisi 25 persen saham MU, langsung mencari kandidat pengganti Erik ten Hag. Manajer asal Belanda itu terancam dipecat dari kursi manajer karena performa buruk MU musim ini.

Selain Southgate, dua nama lain yang dilirik oleh Ratcliffe adalah Roberto De Zerbi dan Thomas Frank. Keduanya merupakan manajer muda yang tengah bersinar di Liga Inggris bersama klub-klub kecil.

De Zerbi saat ini melatih Brighton & Hove Albion, dan berhasil membawa klub tersebut ke posisi tujuh klasemen sementara. De Zerbi juga dikenal sebagai pelatih yang menerapkan gaya permainan menyerang dan atraktif.

Frank, di sisi lain, melatih Brentford, klub promosi yang mampu bersaing di papan tengah. Frank juga mengandalkan pendekatan berbasis data dalam membangun timnya, dan berhasil menemukan bakat-bakat baru seperti Ivan Toney dan Bryan Mbeumo.

Southgate, yang merupakan pelatih timnas Inggris sejak 2016, juga memiliki prestasi yang cukup mengesankan. Ia berhasil membawa Inggris ke final Euro 2020 dan perempat final Piala Dunia 2018. Southgate juga dihormati karena mampu membangun timnas Inggris yang solid dan berbakat.

Namun, Southgate masih ragu-ragu tentang masa depannya bersama timnas Inggris. Ia belum memutuskan apakah akan melanjutkan kontraknya yang akan berakhir setelah Piala Dunia 2022. Southgate juga belum pernah melatih klub besar sebelumnya.

MU sendiri masih kesulitan bersaing di Liga Inggris dan Eropa. Mereka sudah tersingkir dari Liga Champions di babak penyisihan grup, dan kini berada di peringkat keenam klasemen Liga Inggris. Mereka juga sering mengalami cedera pemain kunci seperti Lisandro Martinez dan Luke Shaw.

Apakah salah satu dari tiga kandidat tersebut akan menjadi manajer baru MU? Atau apakah Erik ten Hag akan bisa membalikkan keadaan dan mempertahankan posisinya? Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya. (Copilot)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini