Nathan Tjoe-A-On, pemain muda berdarah Indonesia yang bermain di Swansea City, masih menunggu jadwal pengambilan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Pemain yang saat ini dipinjamkan ke Heerenveen itu sebelumnya dijadwalkan mengucapkan sumpah pada akhir Desember 2023, bersama dengan Jay Idzes, pemain naturalisasi lainnya. Namun, Nathan tidak bisa hadir karena ada kendala perjalanan dari Inggris ke Indonesia.

PSSI, sebagai federasi sepak bola Indonesia, belum bisa memastikan kapan Nathan akan diambil sumpah. Anggota Exco PSSI, Endri Erawan, menyebut bahwa kemungkinan besar Nathan akan melakukannya pada Januari 2024. "Kami masih menunggu kepastian dari Nathan dan pihak Swansea. Kami harap dia bisa datang secepatnya, karena kami ingin dia bisa bergabung dengan timnas," kata Endri.

Nathan sendiri sudah menyatakan keseriusannya untuk menjadi WNI dan membela timnas Indonesia. Pada Oktober 2023, ia datang ke Indonesia dan menyaksikan langsung pertandingan timnas melawan Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Ia juga dikenalkan dengan Presiden Joko Widodo dan Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Erick Thohir mengungkapkan bahwa Nathan adalah pemain yang bermanfaat untuk timnas Indonesia, karena bisa bermain di beberapa posisi, seperti bek kiri atau gelandang. "Dia serius, kalau tidak, dia tidak datang bersama ayahnya. Kalau tidak, tak dikenalin sama Presiden. Mudah-mudahan dia mau menjadi Merah Putih," kata Erick.

Proses naturalisasi Nathan sendiri sudah mendapatkan persetujuan dari DPR dan tinggal menunggu Keputusan Presiden. PSSI berharap Nathan bisa segera menjadi WNI dan memperkuat timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Selain Nathan, PSSI juga tengah menyelesaikan proses naturalisasi tiga pemain lainnya, yaitu Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Maarten Paes.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini