Real Madrid berhasil melaju ke babak perempat final Liga Champions setelah menahan imbang RB Leipzig 1-1 di leg kedua 16 besar, Kamis (7/3/2024) dini hari WIB. Meski lolos, pelatih Carlo Ancelotti mengaku timnya kehilangan kesegaran dan kurang menguasai permainan. Ia berharap jeda internasional bisa memberi waktu istirahat bagi para pemainnya, termasuk kiper Thibaut Courtois yang sedang cedera.

Courtois belum bermain sejak Agustus lalu karena mengalami cedera ligamen lutut. Kiper asal Belgia itu diprediksi bisa kembali merumput pada bulan depan, tepatnya saat babak perempat final Liga Champions digelar. Ini tentu menjadi kabar baik bagi Ancelotti, yang menganggap Courtois sebagai salah satu kiper terbaik di dunia.

"Kami mungkin akan memiliki Courtois dan Militao di perempat final dan itu adalah kabar baik. Courtois adalah kiper yang sangat penting bagi kami, ia memiliki pengalaman, kualitas, dan kepemimpinan. Ia juga berpeluang main di 8 besar Liga Champions, yang merupakan kompetisi yang sangat ia sukai," ujar Ancelotti, dikutip dari situs resmi Madrid.

Tanpa Courtois, Madrid bergantian menurunkan Kepa Arrizabalaga dan Andriy Lunin di bawah mistar. Keduanya tampil cukup baik dengan mencatatkan 16 clean sheet dari 35 pertandingan. Namun, mereka juga kerap kebobolan gol-gol konyol, seperti saat melawan Leipzig di leg kedua. Gol penyama kedudukan Leipzig dicetak oleh Emil Forsberg melalui tendangan bebas yang melewati pagar hidup Madrid.

"Kami kebobolan gol yang tidak seharusnya terjadi. Kami harus lebih fokus dan disiplin dalam bertahan. Kami juga harus lebih agresif dan langsung dalam menyerang. Kami tidak bisa bermain santai di Liga Champions, karena lawan-lawan yang kami hadapi semakin kuat dan berkualitas," kata Ancelotti.

Madrid akan mengetahui lawan mereka di perempat final Liga Champions setelah undian dilakukan pada 19 Maret mendatang. Selain Madrid, tiga tim lain yang sudah lolos ke 8 besar adalah Bayern Muenchen, Paris Saint-Germain, dan Manchester City. Sementara itu, empat tiket lainnya masih diperebutkan oleh delapan tim yang akan bertanding pada pekan depan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini