Borneo FC berhasil mengamankan satu tiket ke championship series Liga 1 musim 2023/2024 setelah menang 2-1 atas Persebaya Surabaya dalam laga pekan ke-28 yang berlangsung di Stadion Batakan, Balikpapan, Kamis (7/3/2024) malam. Kemenangan ini juga mempertahankan rekor unbeaten Borneo FC yang sudah berlangsung selama 16 pertandingan.

Laga yang berjalan sengit sejak awal berakhir dengan skor imbang 0-0 di babak pertama. Borneo FC mendominasi jalannya pertandingan dengan menciptakan beberapa peluang melalui Felipe Cadenazzi, Adam Alis, dan Stefano Lilipaly, namun semua bisa digagalkan oleh kiper Persebaya, Andhika Ramadhani. Persebaya juga sempat mengancam lewat Bruno Moreira dan Robson Duarte, namun gagal memanfaatkan kesempatan yang ada.

Di babak kedua, Borneo FC kembali menekan pertahanan Persebaya, namun masih belum bisa menjebol gawang Andhika. Persebaya justru mampu mencuri gol lebih dulu di menit ke-85 melalui Toni Firmansyah yang melepaskan tendangan voli dari luar kotak penalti yang tak bisa dijangkau oleh Nadeo Arga Winata.

Namun, Borneo FC tidak menyerah dan terus berusaha menyamakan kedudukan. Upaya mereka akhirnya membuahkan hasil di menit ke-90+2 ketika Kasim Botan yang bermaksud menyapu umpan lambung ke kotak penalti malah mencetak gol bunuh diri. Gol ini memicu keributan di lapangan yang berujung dengan kartu merah untuk Paulo Henrique karena melakukan tindakan tak sportif.

Keunggulan jumlah pemain dimanfaatkan oleh Borneo FC untuk mencetak gol kemenangan di menit ke-90+8. Berawal dari sepak pojok, Iksan Zikrak menuntaskan umpan Silverio Silva dengan tembakan keras yang menjebol gawang Persebaya. Skor 2-1 untuk Borneo FC pun bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Dengan tambahan tiga poin ini, Borneo FC kini mengoleksi 66 poin dan kokoh di puncak klasemen sementara Liga 1. Pesut Etam juga dipastikan minimal finis di empat besar dan lolos ke championship series. Sementara itu, Persebaya tertahan di posisi 10 dengan 35 poin.

Artikel ini dibuat dengan menggunakan informasi dari sumber-sumber berikut:

16 Laga Unbeaten, Skenario Borneo FC Kunci Tiket Championship Series Liga 1 Makin Dekat

Borneo FC Jangan Senang Dulu, Klub dengan Rekor Unbeaten di Liga 1 Haram Juara

Borneo FC Vs Persebaya: Menang 2-1, Pesut Etam Kunci Tiket Championship

Hasil Borneo Vs Persebaya 2-1, Dua Gol Menit Akhir Menangkan Pesut Etam

Borneo FC Menang Comeback Lawan Persebaya, Resmi Amankan 1 Tiket ke Championship

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini