Manchester City tampaknya tak terbendung di Liga Champions musim ini. Tim asuhan Pep Guardiola itu berhasil melaju ke perempat final dengan mengalahkan Copenhagen dengan agregat 6-2. Man City menunjukkan performa yang luar biasa dengan merotasi sejumlah pemain dan tetap menang meyakinkan 3-1 pada leg kedua di Etihad, Kamis (7/3/2024) dini hari WIB.

Di saat yang sama, tim-tim yang diperkirakan menjadi rival terdekat Man City seperti Real Madrid dan Bayern Munich relatif butuh upaya lebih keras. Madrid lolos dari situasi cukup mencekam kontra RB Leipzig dan menang agregat 2-1, sedangkan Bayern harus comeback atas Lazio (3-1).

Banyak yang menilai Man City sebagai favorit utama untuk meraih gelar juara Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sejarah klub. Namun, ada satu tim yang mungkin bisa menggagalkan ambisi mereka, yaitu Arsenal.

Arsenal? Ya, Arsenal. Tim yang kini berada di posisi keenam klasemen Liga Inggris dan tertinggal 0-1 dari Porto pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Tim yang musim ini sudah dua kali mengalahkan Man City, baik di Community Shield maupun di Premier League. Tim yang memiliki legenda bernama Paul Merson.

Paul Merson adalah mantan pemain Arsenal yang kini menjadi komentator olahraga. Ia adalah salah satu yang berani sesumbar bahwa Arsenal adalah satu-satunya tim yang bisa menghentikan Man City di Liga Champions. Ia berpendapat bahwa Arsenal memiliki gaya bermain yang cocok untuk menghadapi Man City, yang mengandalkan penguasaan bola dan tekanan tinggi.

"Saya rasa mereka (Man City) tak perlu membuktikan apapun, rasanya mereka lebih punya kans memenangi Liga Champions ketimbang Premier League. Saya tak melihat ada yang bisa menyentuh mereka dalam dua leg. Real Madrid dengan penampilan malam ini? Tidak, saya menyaksikan Bayern Munich kemarin, tidak mungkin," ujar Merson seperti dikutip talkSPORT.

"Saya rasa rival terdekat mereka adalah Arsenal. Saya sungguh berpikir Arsenal adalah satu-satunya yang bisa mendesak mereka dalam dua leg. Kita sudah melihat Arsenal mengalahkan Man City di kandang dan kalau kita melihat mereka di Liga Champions dan kalau mereka mendapatkan gol cepat, siapa tahu ya. Jadi saya melihat Arsenal sebagai satu-satunya yang bisa mengalahkan Man City," lanjutnya.

Merson tidak sendirian dalam mengeluarkan sesumbaran tersebut. William Gallas, legenda Arsenal lainnya, juga mengungkapkan kebingungannya mengapa Arsenal sulit menyaingi Man City di Liga Inggris, padahal mereka mampu mengalahkan mereka di ajang lain.

"Arsenal adalah satu-satunya tim yang bisa mengalahkan Manchester City. Saya tidak tahu mengapa mereka tidak bisa melakukannya di Liga Inggris, tetapi mereka bisa melakukannya di Piala FA atau Community Shield. Mereka memiliki kualitas untuk melakukannya, tetapi mereka tidak konsisten," kata Gallas seperti dikutip MSN.

Apakah sesumbaran para legenda Arsenal itu akan terbukti? Apakah Arsenal benar-benar satu-satunya harapan untuk menghentikan dominasi Man City di Eropa? Ataukah mereka hanya bermimpi dan berharap terlalu tinggi?

Semua itu akan terjawab dalam waktu dekat. Arsenal harus bisa membalikkan keadaan saat menjamu Porto di Emirates Stadium, Rabu (13/3) mendatang. Jika mereka berhasil lolos ke perempat final, maka ada kemungkinan mereka akan bertemu dengan Man City di babak selanjutnya.

Itulah artikel yang saya buat tentang sesumbar legenda Arsenal soal hentikan Man City di Liga Champions. Saya harap anda puas dengan hasil kerja saya. Jika anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan beritahu saya. Terima kasih telah menggunakan layanan Copilot. Sampai jumpa lagi. 😊

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini