Roma berhasil meraih kemenangan telak 4-0 atas Brighton & Hove Albion di leg pertama babak 16 besar Liga Europa. Dengan hasil ini, Roma semakin dekat dengan tiket ke perempat final kompetisi antarklub Eropa tersebut.

Roma tampil dominan sejak menit awal di Stadion Olimpico, Jumat (8/3/2024) dini hari WIB. Mereka unggul cepat melalui gol Paulo Dybala pada menit ke-12, setelah menerima umpan terobosan dari Leandro Paredes. Gol ini sempat dianulir oleh wasit karena dianggap offside, tetapi setelah melihat VAR, wasit mengubah keputusannya dan mengesahkan gol Dybala.

Brighton mencoba bangkit dan menciptakan beberapa peluang, tetapi mereka gagal memanfaatkannya dengan baik. Simon Adingra hampir menyamakan kedudukan dengan tendangan yang membentur tiang gawang Roma, sementara Danny Welbeck memaksa kiper Roma, Mile Svilar, melakukan penyelamatan gemilang.

Namun, Roma tidak memberi kesempatan kepada Brighton untuk bangkit. Mereka menambah keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-43, ketika Romelu Lukaku memanfaatkan kesalahan Lewis Dunk yang gagal mengontrol bola. Lukaku lolos dari kawalan bek Brighton dan melepaskan tembakan yang tidak bisa dihentikan oleh Jason Steele.

Di babak kedua, Brighton tetap berusaha untuk mencetak gol tandang yang bisa memberi harapan di leg kedua. Namun, mereka malah kebobolan dua gol lagi dalam tempo empat menit. Gianluca Mancini mencetak gol ketiga Roma dengan menyambut umpan silang Stephan El Shaarawy pada menit ke-64, sebelum Bryan Cristante menutup pesta gol Roma dengan sundulan di tiang jauh pada menit ke-68.

Brighton tidak mampu memberikan perlawanan berarti hingga akhir pertandingan. Mereka harus menerima kekalahan telak 4-0 dari Roma, yang membuat peluang mereka untuk lolos ke perempat final sangat tipis. Sementara itu, Roma hanya perlu menjaga keunggulan mereka di leg kedua yang akan digelar di Amex Stadium pada Kamis (14/3/2024) mendatang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini