Liverpool meraih kemenangan besar 5-1 atas Sparta Praha di leg pertama babak 16 besar Liga Europa 2023/2024. The Reds menunjukkan performa impresif dan mengakhiri rekor buruk mereka di laga tandang fase gugur kompetisi Eropa.

Liverpool tampil dominan sejak menit awal dan mendapatkan hadiah penalti setelah Asger Sorensen melanggar Alexis Mac Allister di kotak terlarang. Mac Allister sendiri yang maju sebagai algojo dan sukses mengecoh kiper Sparta, Ondrej Kolar, untuk membuka keunggulan Liverpool pada menit keenam.

Sparta tidak tinggal diam dan mencoba memberikan perlawanan. Namun, gawang mereka kembali bobol pada menit ke-25 setelah Darwin Nunez melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang tak bisa dijangkau Kolar. Nunez menggandakan keunggulannya pada menit ke-45+3 dengan memanfaatkan umpan terobosan dari Mac Allister dan menaklukkan Kolar dengan tendangan akurat.

Babak pertama berakhir dengan skor 3-0 untuk keunggulan Liverpool. Sparta sempat berharap bisa bangkit di babak kedua setelah mendapatkan gol hiburan pada menit ke-46 lewat gol bunuh diri Conor Bradley yang baru masuk menggantikan Trent Alexander-Arnold.

Namun, harapan Sparta pupus setelah Liverpool menambah dua gol lagi melalui Luis Diaz pada menit ke-53 dan Dominik Szoboszlai pada menit ke-90+4. Kedua pemain tersebut memanfaatkan kesalahan lini belakang Sparta yang tampak kewalahan menghadapi serangan-serangan Liverpool.

Liverpool pun menutup laga dengan kemenangan telak 5-1 dan memegang kendali penuh atas tiket ke perempat final. The Reds juga mengakhiri puasa kemenangan di laga tandang fase gugur Liga Europa yang sudah berlangsung sejak Februari 2010.

Hasil ini tentu menjadi modal berharga bagi Liverpool yang akan menghadapi Manchester City di Liga Inggris akhir pekan ini. Sementara itu, Sparta harus berusaha keras untuk membalikkan keadaan di leg kedua yang akan digelar di Anfield pekan depan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini