Thom Haye adalah salah satu pemain yang baru saja mendapatkan persetujuan naturalisasi dari Komisi X DPR RI pada Kamis (7/3/2024). Pemain berusia 29 tahun ini berharap bisa segera mengambil sumpah dan memperkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Haye merupakan gelandang serba bisa yang saat ini bermain untuk SC Heerenveen di Eredivisie, kasta tertinggi Liga Belanda. Dia memiliki darah Indonesia dari kakeknya yang berasal dari Sulawesi Utara.

Haye memulai karier profesionalnya bersama AZ Alkmaar pada tahun 2012. Sebelumnya, dia merupakan produk akademi Ajax Amsterdam, klub raksasa Belanda yang terkenal dengan filosofi sepak bolanya.

Di AZ, Haye mendapatkan kesempatan bermain reguler dan menunjukkan kemampuannya sebagai gelandang box-to-box yang bisa mencetak dan memberikan gol. Dia juga sempat dipinjamkan ke klub Italia, Lecce, pada musim 2016/2017.

Setelah kontraknya habis dengan AZ pada tahun 2018, Haye bergabung dengan Willem II, salah satu klub tertua di Belanda. Di sana, dia menjadi salah satu pemain kunci yang membantu klub tersebut meraih posisi kelima di Eredivisie pada musim 2018/2019.

Pada musim 2019/2020, Haye pindah ke ADO Den Haag, klub yang bermarkas di ibu kota Belanda. Di sana, dia bermain sebagai gelandang bertahan yang bertugas mengatur aliran bola dan menjaga keseimbangan tim.

Pada musim 2020/2021, Haye kembali berganti klub dan bergabung dengan NAC Breda, klub yang berlaga di Eerste Divisie, kasta kedua Liga Belanda. Di sana, dia menjadi kapten tim dan mencetak tujuh gol serta lima assist dalam 34 pertandingan.

Pada musim 2021/2022, Haye mendapatkan kesempatan untuk kembali bermain di Eredivisie bersama SC Heerenveen. Dia menjadi salah satu pemain andalan di lini tengah klub tersebut dan mencatatkan empat gol serta tiga assist dalam 24 pertandingan hingga saat ini.

Selain bermain di level klub, Haye juga memiliki pengalaman bermain di level tim nasional. Dia pernah menjadi bagian dari Timnas Belanda U-17 yang juara Piala Eropa U-17 dua kali berturut-turut pada tahun 2011 dan 2012.

Di Timnas Belanda U-17, Haye berduet dengan Nathan Ake, bek yang kini bermain untuk Manchester City di Liga Inggris. Keduanya menjadi tulang punggung lini tengah Belanda yang berhasil mengalahkan tim-tim kuat seperti Jerman, Prancis, dan Inggris.

Haye juga pernah bermain untuk Timnas Belanda U-19 dan U-21, namun tidak berhasil meraih prestasi yang signifikan. Dia juga tidak pernah dipanggil ke Timnas Belanda senior, meskipun memiliki kualitas yang mumpuni.

Karena itu, Haye memutuskan untuk mengajukan naturalisasi ke Indonesia, negara asal kakeknya. Dia mengaku bangga dengan warisan budaya dan sejarah Indonesia, serta ingin berkontribusi untuk kemajuan sepak bola Indonesia.

Haye berharap bisa segera bergabung dengan Timnas Indonesia yang saat ini ditangani oleh pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong. Dia ingin membantu Indonesia meraih hasil positif di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, khususnya di dua laga melawan Vietnam pada 21 dan 26 Maret mendatang.

Haye yakin bahwa dengan kemampuan dan pengalamannya, dia bisa memberikan dampak positif bagi Timnas Indonesia. Dia juga siap beradaptasi dengan gaya bermain dan budaya Indonesia, serta bekerja sama dengan pemain-pemain lainnya.

Haye mengaku tidak sabar untuk memakai jersey merah putih dan mendengar lagu Indonesia Raya berkumandang di stadion. Dia berjanji akan bermain dengan sepenuh hati dan jiwa untuk Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini