Darwin Nunez, penyerang asal Uruguay yang bermain untuk Liverpool, menjadi sorotan setelah mencetak dua gol dalam kemenangan 5-1 atas Sparta Praha di leg pertama babak 16 besar Liga Europa, Kamis (7/3/2024). Dengan torehan tersebut, Nunez telah mengemas 16 gol dan 11 assist di semua kompetisi musim ini, membantu Liverpool memimpin klasemen Liga Premier dan berpeluang meraih empat trofi sekaligus.

Nunez, yang didatangkan dari Benfica pada Juni 2022 dengan biaya transfer sebesar 75 juta euro (sekitar Rp 1,3 triliun), menjadi salah satu pembelian terbaik Liverpool di bawah asuhan Jurgen Klopp. Pelatih asal Jerman itu memuji kualitas dan mentalitas Nunez, yang tidak terpengaruh oleh ejekan dari fans lawan.

"Nunez memiliki kualitas yang luar biasa, dia mencintai bermain untuk tim ini bersama dengan pemain-pemain lainnya. Dia tidak terganggu oleh ejekan dan terus berjuang," kata Klopp, seperti dikutip dari BBC Sport.

Nunez juga mendapat pujian dari pakar sepak bola Spanyol, Guillem Balague, yang menyebutnya sebagai penyerang "kelas dunia". Balague menilai bahwa Nunez telah berkembang pesat sejak bergabung dengan Liverpool, dan menunjukkan kemampuan menyelesaikan peluang yang tajam.

"Orang-orang fokus pada kurangnya kualitas dalam penyelesaian Nunez, tetapi mereka mengabaikan mentalitasnya yang membuatnya sampai di sini. Dia bukan pemain Benfica lagi, dia menjadi pemain kelas dunia," ujar Balague di podcast BBC Euro Leagues.

Nunez, yang lahir di Artigas, Uruguay, pada 24 Juni 1999, memulai karirnya di klub Peñarol, sebelum pindah ke Almeria di Spanyol pada Agustus 2019. Setahun kemudian, dia bergabung dengan Benfica dengan biaya transfer sebesar 24 juta euro, yang merupakan rekor klub dan liga Portugal.

Di musim keduanya bersama Benfica, Nunez menjadi pencetak gol terbanyak di Primeira Liga dengan 26 gol dalam 28 pertandingan, dan meraih penghargaan Bola de Prata, Tim Terbaik Primeira Liga, dan Pemain Terbaik Primeira Liga. Prestasinya itu membuat Liverpool tertarik untuk merekrutnya, dan berhasil mendapatkan tanda tangannya dengan biaya transfer yang fantastis.

Di level internasional, Nunez telah mencatatkan 22 penampilan dan delapan gol untuk timnas Uruguay. Dia mencetak gol pada debutnya melawan Peru pada Oktober 2019. Setelah absen di Copa America 2021 karena cedera, Nunez mewakili Uruguay di Piala Dunia 2022, dan mencetak dua gol dalam empat pertandingan.

Nunez kini menjadi andalan Liverpool di lini depan, bersama dengan Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino. Dia akan menjadi ancaman bagi Manchester City, yang akan bertandang ke Anfield pada Minggu (10/3/2024) dalam laga yang akan menentukan nasib gelar juara Liga Premier. Nunez juga berharap dapat membawa Liverpool meraih trofi Liga Europa, Piala FA, dan Piala EFL.

Nunez, yang memiliki tinggi badan 1,87 meter dan berat 79 kilogram, dikenal sebagai penyerang yang kuat, cepat, lincah, dan berani. Dia juga memiliki kemampuan teknik, dribel, dan umpan yang baik, serta insting mencetak gol yang tajam. Dia sering dibanding-bandingkan dengan mantan penyerang Uruguay, Edinson Cavani, yang kini bermain untuk Manchester United.

Namun, Nunez tidak ingin disebut sebagai penerus Cavani, melainkan ingin menciptakan namanya sendiri di dunia sepak bola. Dia juga mengaku terinspirasi oleh Luis Suarez, penyerang Uruguay lainnya yang pernah bersinar bersama Liverpool.

"Saya tidak ingin menjadi Cavani kedua, saya ingin menjadi Nunez pertama. Saya ingin membuat sejarah saya sendiri, dan membuktikan diri saya di level tertinggi. Saya juga mengagumi Suarez, dia adalah idola saya sejak kecil. Saya belajar banyak dari gaya bermainnya," kata Nunez, seperti dikutip dari Wikipedia.

Dengan usianya yang masih muda, Nunez masih memiliki potensi untuk berkembang lebih baik lagi. Dia juga memiliki ambisi untuk meraih gelar-gelar bergengsi bersama Liverpool dan Uruguay. Nunez, penyerang Liverpool yang tak terbendung, siap menunjukkan taringnya di lapangan hijau.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini