Laga klasik antara Persib Bandung dan Persija Jakarta akan berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (9/3/2024) pukul 15.00 WIB. Namun, pertandingan pekan ke-28 Liga 1 2023-2024 ini akan berlangsung tanpa kehadiran penonton.

Hal ini disebabkan oleh sanksi yang diberikan oleh Komite Disiplin (Komdis) PSSI kepada Persib Bandung, akibat insiden kerusuhan dan pengeroyokan suporter di luar perimeter stadion usai laga kandang melawan PSIS Semarang, 27 Februari 2024. Persib dijatuhi hukuman menyelenggarakan satu pertandingan kandang tanpa penonton.

Persib Bandung sempat mengajukan banding atas sanksi tersebut, dengan harapan bisa mendapatkan dukungan dari Bobotoh, julukan suporter Persib. Namun, banding yang diajukan Persib ditolak oleh Komite Banding (Komding) PSSI, satu hari sebelum laga melawan Persija.

Dalam surat edaran Komding PSSI yang tersebar di kalangan media, tertulis hal-hal yang dipertimbangkan dalam keputusan untuk menolak banding Persib. Hal-hal yang memberatkan adalah kerusuhan yang melibatkan suporter Persib menunjukkan belum optimalnya pembinaan suporter yang dilakukan oleh klub Persib, dan kerusuhan yang terjadi sebagai suatu tindakan yang tidak mendukung proses transisi transformasi sepakbola nasional yang sedang dilakukan oleh PSSI.

Sementara itu, hal-hal yang meringankan adalah kerusuhan yang terjadi bukan hanya disebabkan oleh suporter Persib, tetapi juga sebagai akibat kehadiran suporter PSIS Semarang selaku tim tamu, dan pihak klub Persib telah ada upaya-upaya untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

Meski begitu, Komding PSSI tetap mendukung keputusan Komdis PSSI untuk menghukum satu laga Persib tanpa penonton. Dengan demikian, laga Persib Vs Persija akan berlangsung tanpa kehadiran Bobotoh dan Jakmania, julukan suporter Persija.

Laga Persib Vs Persija selalu menyita perhatian publik sepak bola Indonesia, karena rivalitas kedua tim yang sudah berlangsung sejak lama. Kedua tim juga memiliki prestasi yang cukup baik di Liga 1 2023-2024. Persib saat ini berada di posisi ketiga klasemen sementara dengan 48 poin, sedangkan Persija berada di posisi kelima dengan 44 poin.

Laga ini juga akan menjadi ajang adu taktik antara dua pelatih asing, Thomas Doll dari Jerman yang menangani Persib, dan Ciro Ferrara dari Italia yang menangani Persija. Keduanya memiliki latar belakang sebagai pemain dan pelatih di level tertinggi Eropa.

Siapakah yang akan keluar sebagai pemenang dalam laga klasik tanpa penonton ini? Apakah Persib akan mampu mempertahankan rekor tak terkalahkan di kandang musim ini? Ataukah Persija akan mampu mencuri poin di markas Persib? Kita tunggu saja hasilnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini