Temwa Chawinga adalah nama yang mungkin belum familiar di dunia sepak bola. Namun, pemain wanita asal Malawi ini berhasil mencetak prestasi luar biasa di tahun 2023. Ia menjadi pemain dengan gol terbanyak di semua kompetisi, baik di level klub maupun tim nasional. Bahkan, jumlah golnya melebihi Cristiano Ronaldo, yang dianggap sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang masa.

Temwa Chawinga mencetak 63 gol di tahun 2023, dengan rincian 51 gol untuk klubnya Wuhan Jianghan University di Liga Wanita China, dan 12 gol untuk tim nasional Malawi. Ia juga menjadi top skor di Liga Wanita China dengan 30 gol, dan meraih sepatu emas di turnamen COSAFA untuk negara-negara Afrika Selatan dengan 9 gol .

Jumlah gol Temwa Chawinga jauh melampaui Cristiano Ronaldo, yang hanya mencetak 54 gol di tahun 2023. Ronaldo, yang bermain untuk Al Nassr di Arab Saudi dan tim nasional Portugal, memang menjadi pemain pria dengan gol terbanyak di tahun tersebut. Namun, ia masih kalah produktif dari Temwa Chawinga, yang bermain di liga yang kurang populer.

Temwa Chawinga mengaku sangat senang dan bangga dengan pencapaiannya. Ia juga mendapat penghargaan dari International Federation of Football History & Statistics (IFFHS) sebagai pemain wanita dengan gol terbanyak di tahun 2023. Ia menjadi pemain non-Eropa pertama yang meraih gelar tersebut.

"Saat saya mengetahuinya saya sangat senang, saya tak percaya itu adalah saya. Saya ingat saya meraihnya dan itu hal luar biasa sepanjang karier saya, sebab saya tak pernah meraihnya. Jadi saya sangat senang, dan mungkin saya akan berlatih lebih giat lagi untuk membuktikan ke diri sendiri bahwa saya adalah striker yang bagus," kata Temwa Chawinga dalam wawancara dengan BBC.

Temwa Chawinga juga berhasil membawa tim nasional Malawi meraih gelar perdana di ajang internasional. Ia membantu Malawi menjuarai Piala COSAFA 2023, setelah mengalahkan Zambia dengan skor 2-1 di final. Ia juga menjadi pemain terbaik di turnamen tersebut.

Temwa Chawinga merupakan adik dari Tabitha Chawinga, yang juga merupakan pemain wanita berbakat asal Malawi. Tabitha Chawinga saat ini bermain untuk Paris Saint-Germain di Liga Champions Wanita Eropa. Ia menjadi pemain Malawi pertama yang bermain dan mencetak gol di kompetisi elit tersebut.

Temwa Chawinga dan Tabitha Chawinga menjadi inspirasi bagi banyak pemain wanita di Malawi dan Afrika. Mereka membuktikan bahwa dengan kerja keras dan talenta, mereka bisa bersaing dengan pemain-pemain dari negara-negara maju. Mereka juga menunjukkan bahwa pemain wanita bisa mencetak gol sebanyak atau bahkan lebih banyak dari pemain pria.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini