Bayern Munich masih berharap bisa mengejar Bayer Leverkusen yang memimpin klasemen Bundesliga. Meski tertinggal 10 poin dari Leverkusen, pelatih Bayern Thomas Tuchel menegaskan bahwa timnya tidak akan menyerah tanpa perlawanan.

Bayern mengalami musim yang sulit di Bundesliga. Mereka terancam gagal juara liga untuk pertama kalinya selama lebih dari satu dekade. Bayern hanya mampu meraih satu poin dari dua pertandingan terakhir mereka, yaitu imbang 2-2 melawan Freiburg dan kalah 0-1 dari Borussia Dortmund.

Di sisi lain, Leverkusen tampil sangat tangguh. Tim asuhan Xabi Alonso itu baru saja memecahkan rekor tidak terkalahkan terpanjang di Bundesliga, yaitu 24 pertandingan. Leverkusen juga memenangi sembilan dari sepuluh pertandingan liga terakhir mereka, termasuk mengalahkan tim degradasi Koln dengan skor 4-0.

Dengan hasil-hasil tersebut, Leverkusen kini unggul 10 poin dari Bayern yang berada di posisi kedua. Leverkusen juga memiliki satu pertandingan lebih sedikit dari Bayern. Leverkusen kini menatap titel Liga Jerman pertama dalam sejarah klub.

Namun, Bayern tidak mau menyerah begitu saja. Mereka masih berusaha untuk mempertahankan gelar juara mereka. Bayern harus memenangi seluruh laga sisa, sembari mengharap Leverkusen terpeleset di sejumlah pertandingan di depan.

Misi Bayern memelihara asa juara akan dimulai dengan laga kandang melawan Mainz pada Sabtu (9/3) malam WIB. Bayern harus meraih kemenangan penuh untuk menjaga peluang mereka.

Tuchel mengatakan bahwa Bayern masih memiliki motivasi tinggi untuk berjuang. Ia juga mengakui bahwa Leverkusen adalah tim yang sangat kuat dan pantas berada di puncak klasemen.

"Kami belum menyerahkan titel juaranya," kata Tuchel di ESPN. "Ada batasan antara menyerah dan sebuah pernyataan niat — dan itu disebut kenyataan."

"Jaraknya memang sangat besar. Itu realistis. Bagi kami, ini tentang menjadi lebih stabil dan menemukan stabilitas yang baru. Hal itu selalu mulai dengan langkah selanjutnya. Kami perlu menang, menang, menang."

"Kompetisinya memang tidak lagi ditentukan kami. Leverkusen tidak lagi merasa kami mengancam mereka. Kami yang harus disalahkan soal itu, tapi hal tersebut tidak melepaskan kewajiban kami untuk memberikan segalanya pada pertandingan besok," ungkap Tuchel.

Bayern juga masih berpeluang untuk meraih trofi lain di musim ini. Mereka masih berada di perempat final Liga Champions, di mana mereka akan menghadapi Lazio pada Rabu (6/3) dini hari WIB. Bayern unggul agregat 4-1 dari leg pertama di Italia.

Bayern juga masih berada di semifinal Piala Jerman, di mana mereka akan bertemu dengan Borussia Monchengladbach pada Kamis (7/3) dini hari WIB. Bayern berharap bisa mengulangi prestasi mereka di musim lalu, yaitu meraih treble juara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini