Barcelona meraih kemenangan tipis 1-0 atas Mallorca di pekan ke-28 La Liga Spanyol, Sabtu (9/3/2024) dini hari WIB. Namun, kemenangan itu tidak membuat pelatih Barca, Xavi Hernandez, puas. Pasalnya, timnya gagal memanfaatkan peluang penalti di babak pertama.

Barca mendapat hadiah penalti setelah Raphinha dilanggar di kotak terlarang oleh pemain Mallorca. Ilkay Guendogan yang ditunjuk sebagai eksekutor gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Tendangannya bisa ditepis oleh kiper Mallorca, Predrag Rajkovic.

Akibatnya, Barca harus menunggu hingga menit ke-72 untuk membuka skor melalui gol Lamine Yamal. Pemain muda asal Mali itu mencetak gol perdananya untuk Barca dengan tendangan voli yang menghujam sudut atas gawang Mallorca.

Kemenangan ini membuat Barca naik ke posisi kedua klasemen sementara dengan 61 poin, unggul dua poin dari Girona di posisi ketiga. Namun, Barca masih tertinggal lima poin dari Real Madrid yang kokoh di puncak klasemen.

Xavi mengakui bahwa Barca tampil dominan dan menciptakan banyak peluang. Namun, ia menyesalkan bahwa timnya tidak bisa memaksimalkan peluang penalti yang didapat.

"Kami bermain dengan baik dan menguasai pertandingan. Kami punya banyak kesempatan untuk mencetak gol lebih dari satu. Sayang sekali kami tidak bisa memanfaatkan penalti di babak pertama. Itu bisa mengubah jalannya pertandingan," kata Xavi dalam konferensi pers setelah pertandingan.

Xavi juga memuji penampilan Yamal yang menjadi pahlawan kemenangan Barca. Ia mengatakan bahwa Yamal adalah pemain yang berbakat dan punya potensi besar.

"Yamal adalah pemain yang luar biasa. Dia punya teknik, kecepatan, dan naluri mencetak gol yang bagus. Dia masih muda dan bisa berkembang lebih baik lagi. Saya senang dia bisa mencetak gol penting untuk kami," ujar Xavi.

Barca akan kembali beraksi di La Liga pada Minggu (17/3/2024) mendatang. Mereka akan menjamu rival abadinya, Real Madrid, dalam laga El Clasico di Camp Nou. Laga ini akan menjadi ujian berat bagi Barca untuk menjaga asa merebut gelar juara La Liga musim ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini