Persib Bandung berhasil menggeser Persija Jakarta di papan atas klasemen Liga 1 usai menang 2-1 dalam laga bertajuk El Clasico Indonesia di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (9/3/2024). Dua gol kemenangan Persib dicetak oleh David Da Silva, sedangkan satu gol balasan Persija lahir dari Maciej Gajos.

Kemenangan ini membuat Persib naik ke posisi kedua klasemen Liga 1 dengan raihan 51 poin dari 27 pertandingan. Mereka unggul dua poin dari Persija yang turun ke posisi ketiga dengan 49 poin. Persib juga memangkas jarak dengan pemuncak klasemen Borneo FC yang masih kokoh dengan 63 poin.

Persib tampil dominan sejak menit awal dan berhasil membuka keunggulan pada menit ke-12 melalui David Da Silva. Striker asal Brasil itu menerima umpan terobosan dari Ciro Alves dan melepaskan tembakan keras yang tak bisa dijangkau oleh kiper Persija, Andritany Ardhiyasa.

Persib terus menekan pertahanan Persija dan mendapatkan peluang emas untuk menggandakan keunggulan pada menit ke-28. Namun, tendangan penalti David Da Silva masih bisa ditepis oleh Andritany.

Persija baru bisa memberikan perlawanan pada babak kedua dan menyamakan kedudukan pada menit ke-54. Maciej Gajos, gelandang asal Polandia yang baru pulih dari cedera, melepaskan tendangan jarak jauh yang menghujam sudut gawang Persib.

Namun, Persib tidak menyerah dan kembali unggul pada menit ke-56. David Da Silva menebus kesalahannya di babak pertama dengan menuntaskan penalti kedua yang didapat Persib setelah Ciro Alves dilanggar oleh Ryuji Utomo di kotak terlarang.

Persija mencoba mengejar ketertinggalan, tetapi serangan mereka selalu gagal menembus pertahanan rapat Persib. Hingga peluit panjang berbunyi, skor 2-1 untuk keunggulan Persib tetap bertahan.

Dengan hasil ini, Persib berhasil membalas kekalahan 1-2 dari Persija di putaran pertama Liga 1. Persib juga memperpanjang rekor tak terkalahkan mereka di kandang menjadi 13 pertandingan.

Sementara itu, Persija menelan kekalahan kedua beruntun setelah sebelumnya kalah 1-4 dari Dewa United. Persija juga gagal mempertahankan rekor tak terkalahkan mereka di lima laga terakhir melawan Persib.

Artikel ini dibuat berdasarkan informasi dari sumber-sumber berikut:

Klasemen Liga 1 Usai Persib Sungkurkan Persija – detiksport
Klasemen Liga 1: Persib Kedua, Poin Serupa Persebaya-Persija – Kompas.com
Klasemen Liga 1 Usai Persib Kalahkan Dewa United, Geser Persija
Rekap Hasil dan Klasemen Liga 1 Usai Persija Jakarta vs Persita …

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini