Liverpool berhasil meraih satu poin penting saat berhadapan dengan Manchester City di Anfield, Minggu (10/3/2024) malam WIB. Hasil imbang 1-1 ini membuat The Reds tetap berada di posisi kedua klasemen Liga Inggris, hanya terpaut satu poin dari The Citizens di peringkat ketiga. Namun, laga ini tidak berjalan mudah bagi tuan rumah. Liverpool harus berjuang keras untuk menahan gempuran dari lini serang Man City yang dipimpin oleh Erling Haaland.

Salah satu pemain yang berperan besar dalam membendung agresivitas lawan adalah Wataru Endo. Gelandang asal Jepang ini tampil ciamik sebagai jendral lini tengah Liverpool. Dia dipasang sebagai gelandang bertahan yang bertugas untuk memotong aliran bola ke depan dan mengganggu pergerakan Kevin de Bruyne dan Rodri. Endo menjalankan tugasnya dengan gemilang. Statistik mencatat, dia mampu memenangkan 6 dari 7 duel, 4 kali tekel sukses, 2 intersep, serta 6 kali merebut bola dari lawan .

Endo juga berkontribusi dalam membangun serangan Liverpool. Dia mencatatkan 85 persen akurasi umpan, 2 kali umpan kunci, dan 1 kali tembakan ke gawang. Dia juga terlibat dalam aksi penalti yang menghasilkan gol balasan Liverpool. Dia memberikan umpan terobosan kepada Mohamed Salah yang kemudian dilanggar oleh John Stones di kotak terlarang. Alexis Mac Allister yang menjadi algojo sukses mengecoh kiper Man City, Ederson.

Endo dinobatkan sebagai player of the match Liverpool yang dipilih berdasarkan voting para fans. Performa Endo di laga kontra Man City turut diapresiasi manajer Liverpool, Juergen Klopp. "Apa yang bisa Anda harapkan ketika Anda merekrut kapten Jepang berusia 31 tahun dan dia akan menjadi pemain yang menonjol di Liga Inggris. Anda tidak pernah tahu bahwa orang bisa berkembang ke kelas dunia, tapi itulah yang terjadi," kata Klopp soal Endo, dilansir dari BBC.

Wataru Endo sudah bermain 31 kali bersama Liverpool sejak didatangkan dari Stuttgart pada musim panas 2023. Merseyside Merah sejauh ini tak pernah kalah selama dia tampil sebagai starter. Endo juga menjadi andalan timnas Jepang yang akan berlaga di Piala Dunia 2024 di Qatar. Dengan performa apiknya di Liverpool, Endo diprediksi akan menjadi salah satu bintang di ajang bergengsi tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini