Darwin Nunez adalah salah satu penyerang terbaik di dunia saat ini. Dia bergabung dengan Liverpool pada musim panas 2023 dari Benfica dengan biaya transfer sebesar 80 juta euro. Dia sudah mencetak 18 gol dan 7 assist di semua kompetisi untuk The Reds musim ini.

Namun, ada satu hal yang mengganjal dari performa Nunez. Dia sering terjebak offside saat bermain di lini depan Liverpool. Hal ini terlihat saat Liverpool bermain imbang 1-1 melawan Manchester City di Anfield, Minggu (10/3/2024) malam WIB.

Nunez dipasang sebagai starter oleh Jurgen Klopp sebagai ujung tombak Liverpool. Dia berusaha memanfaatkan kecepatan dan pergerakannya untuk mengancam pertahanan City. Namun, dia justru menjadi korban jebakan offside yang dilakukan oleh bek-bek City.

Nunez tercatat lima kali terkena offside sepanjang babak pertama. Salah satunya saat dia memberikan assist untuk gol Luis Diaz yang tidak diakui oleh wasit karena offside. Jumlah offside Nunez di babak pertama itu sama dengan rekor pemain yang paling sering offside di satu pertandingan Premier League musim ini.

Di babak kedua, Nunez tetap berani bermain di garis akhir pertahanan City. Keberaniannya itu berbuah gol penyeimbang Liverpool melalui penalti Alexis Mac Allister di menit ke-50. Liverpool mendapat hadiah penalti setelah Nunez lolos dari jebakan offside dan berlari menyambut bola terobosan Joe Gomez. Nunez kemudian dijatuhkan oleh kiper City, Ederson, di kotak terlarang.

Nunez ditarik keluar pada menit ke-76 dan digantikan oleh Cody Gakpo. Menurut data dari Squawka, Nunez menorehkan dua tembakan, memenangkan enam duel, dan lima kali menang perebutan bola udara selama di lapangan. Dia juga membuat satu peluang emas di babak kedua yang digagalkan oleh kiper pengganti City, Stefan Ortega.

Namun, fakta menunjukkan bahwa Nunez adalah pemain yang paling sering terjebak offside di Premier League musim ini. Dia sudah 25 kali terkena offside di 28 pertandingan yang dia mainkan. Jumlah itu lebih banyak dari pemain lainnya, bahkan lebih banyak dari keseluruhan offside yang dilakukan oleh City (29 kali).

Apakah Nunez perlu memperbaiki timing dan posisinya saat bermain di depan? Atau apakah ini adalah bagian dari strategi Klopp untuk memaksimalkan potensi Nunez sebagai penyerang yang haus gol? Yang jelas, Nunez masih menjadi andalan Liverpool di lini serang, meski dia harus rela menjadi si raja offside.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini