Lecce mengambil keputusan tegas untuk memecat pelatih Roberto D’Aversa setelah ia terlibat insiden tandukan dengan penyerang Hellas Verona Thomas Henry. Kejadian memalukan itu terjadi usai pertandingan Liga Italia antara kedua tim di Stadio Via del Mare, Minggu (10/3/2024) malam WIB.

Lecce yang bermain di kandang sendiri harus mengakui keunggulan Verona dengan skor 0-1. Gol tunggal Verona dicetak oleh Henry pada menit ke-67. Pemain asal Prancis itu menjadi pahlawan sekaligus korban dalam laga tersebut.

Setelah pertandingan berakhir, suasana panas tercipta antara Henry dan bek Lecce Marin Pongracic. Keduanya terlibat adu mulut dan saling dorong. D’Aversa yang mencoba melerai malah justru terpancing emosi dan menanduk Henry di depan kamera. Wasit yang melihat insiden itu langsung mengeluarkan kartu merah untuk D’Aversa dan Henry.

D’Aversa mengaku bahwa ia hanya ingin melindungi pemainnya dari provokasi lawan. Ia juga meminta maaf atas perilakunya yang tidak pantas itu. Namun, ia membantah bahwa ia sengaja menanduk Henry.

"Sudah ada provokasi di menit-menit akhir dan saya tidak mau pemain saya kena kartu," ujar D’Aversa kepada Sky Sport Italia. "Itu bukan tindakan yang bagus, tapi niat saya adalah memisahkan mereka, karena provokasi terus berlanjut bahkan setelah pertandingan selesai."

Namun, alasan D’Aversa tidak cukup untuk menyelamatkan jabatannya. Lecce yang tengah berjuang untuk menjauh dari zona degradasi tidak mau tercoreng oleh skandal tandukan itu. Mereka pun mengumumkan pemecatan D’Aversa pada Senin (11/3) pagi waktu setempat.

"Setelah apa yang terjadi pada akhir pertandingan Lecce melawan Verona, klub mengumumkan pemecatan pelatih D’Aversa," demikian pernyataan resmi Lecce di akun Twitter resminya. "Kami berterima kasih kepada pelatih dan staf atas kinerjanya."

D’Aversa baru melatih Lecce sejak Juni 2023. Ia berhasil membawa Lecce promosi ke Serie A musim lalu. Namun, musim ini Lecce mengalami kesulitan untuk bersaing di kasta tertinggi Liga Italia. Mereka saat ini berada di peringkat ke-15 dengan 25 poin, hanya unggul satu angka dari zona merah.

Verona sendiri berhasil memanfaatkan kemenangan atas Lecce untuk melompati mereka ke posisi ke-13 dengan 27 poin. Ini adalah kemenangan beruntun kedua mereka setelah sebelumnya mengalahkan Napoli 2-1.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini