Manchester City harus membayar mahal atas hasil imbang 1-1 yang mereka dapatkan saat bertandang ke markas Liverpool pada Minggu (10/3/2024) malam WIB. Kiper utama mereka, Ederson, mengalami cedera paha yang membuatnya harus absen selama empat pekan ke depan.

Ederson mengalami cedera saat ia bertabrakan dengan striker Liverpool, Darwin Nunez, di kotak penalti pada menit ke-47. Insiden itu berbuah penalti untuk Liverpool, yang berhasil dikonversi oleh Alexis Mac Allister menjadi gol penyama kedudukan. Ederson sempat melanjutkan pertandingan, tetapi akhirnya digantikan oleh Stefan Ortega di menit ke-56.

Cedera Ederson menjadi pukulan besar bagi Man City, yang sedang berjuang untuk mempertahankan gelar juara Liga Inggris. Saat ini, mereka berada di posisi ketiga klasemen sementara dengan 63 poin, tertinggal satu poin dari Arsenal dan Liverpool yang sama-sama mengoleksi 64 poin.

Dengan Ederson absen, Man City akan kehilangan salah satu pilar penting di lini belakang mereka. Ederson telah tampil dalam 27 pertandingan Liga Inggris musim ini, dan hanya kebobolan 23 gol. Ia juga mencatatkan 14 clean sheet, yang merupakan rekor terbanyak di antara semua kiper di Liga Inggris.

Tanpa Ederson, Man City akan mengandalkan Ortega, yang baru saja bergabung dari Bayer Leverkusen pada Januari lalu. Ortega belum banyak berpengalaman di Liga Inggris, dan baru tampil dua kali sebagai starter. Ia juga belum pernah mencatatkan clean sheet, dan sudah kebobolan empat gol.

Ortega akan menghadapi ujian berat dalam beberapa laga krusial yang akan dijalani Man City. Mereka akan menghadapi Newcastle United di perempat final Piala FA pada akhir pekan ini, lalu melawan Arsenal di Liga Inggris pada 31 Maret mendatang. Selain itu, mereka juga akan berhadapan dengan Aston Villa dan Crystal Palace di awal April.

Cedera Ederson juga berdampak pada Timnas Brasil, yang akan melakoni dua laga persahabatan pada akhir Maret ini. Ederson dipastikan tidak bisa ikut serta dalam skuad Brasil yang akan menghadapi Inggris di London pada 23 Maret, dan Spanyol di Madrid pada 26 Maret.

Ederson adalah kiper utama Brasil sejak Copa America 2023, dan telah tampil dalam 12 pertandingan bersama tim Samba. Ia hanya kebobolan tujuh gol, dan mencatatkan tujuh clean sheet. Ia juga menjadi bagian dari tim Brasil yang memenangkan medali emas di Olimpiade Tokyo 2020.

Dengan Ederson cedera, pelatih Brasil, Tite, kemungkinan akan memilih antara Alisson Becker dari Liverpool, atau Neto dari Barcelona, untuk mengisi posisi kiper. Keduanya juga dipanggil ke dalam skuad Brasil untuk dua laga persahabatan tersebut.

Ederson berharap bisa pulih secepatnya, dan kembali membantu Man City dan Brasil dalam memburu prestasi. Ia juga berterima kasih kepada para pendukung yang telah memberikan dukungan dan doa untuknya.

"Saya sangat sedih karena cedera ini, tetapi saya akan berusaha untuk sembuh segera. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang telah mendukung saya, dan saya berharap bisa kembali bermain secepat mungkin," tulis Ederson di akun Instagram pribadinya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini